Cimahi Siap Wujudkan Daerah Ramah Remaja

Cimahi Siap Wujudkan Daerah Ramah Remaja

Beberapa siswa Taman Kanak-Kanak (kostum hitam garis merah) bermain di Kawasan Alun alun Cimahi

Cimahi - Pemerintah Kota Cimahi siap mewujudkan daerah ramah remaja melalui berbagai program yang membangun karakter remaja untuk menuju masa depan anak bangsa dan negara lebih baik.

"Saat ini telah terbentuk PIK (pusat informasi dan konseling) remaja di beberapa kelurahan dan sekolah yang kualitas maupun kuantitasnya akan terus ditingkatkan agar menjadi ramah remaja," kata Wakil Wali Kota Cimahi Sudiarto di Cimahi, Jumat (22/5/2015).

Ia menuturkan, Pemerintah Kota Cimahi telah melakukan berbagai upaya mengatasi permasalahan remaja, termasuk dalam aspek kesehatan reproduksinya.

Bahkan Pemerintah Provinsi Jabar melalui Badan Koordinasi Keluarga Berencana (BKKBN), kata Sudiarto, telah mengembangkan program Genre (generasi berencana) melalui kelompok PIK remaja.

"Program Genre dan PIK berbentuk penteladanan dari rekan sebaya remaja itu sendiri yang dapat dijadikan figur motivator, model ataupun idola sebagai sumber informasi dan inspirasi yang positif bagi remaja," katanya.

Menurut dia, berbagai program pengentasan permasalahan remaja akan berhasil jika didukung oleh peningkatan kapabilitas remaja yaitu segala sesuatu yang positif terdapat dalam diri remaja.

Selanjutnya pengembangan jaringan dan dukungan yang harus diberikan kepada remaja seperti pemberian pelayanan atau pendampingan bagi remaja yang menjadi korban perilaku menyimpang.

"Korban perilaku menyimpang agar bisa sembuh dan kembali hidup normal," katanya.

Ia menambahkan, upaya terbaru yang dilakukan Pemerintah Kota Cimahi dalam mengatasi permasalahan remaja yakni menggelar kegiatan Jambore Genre.

Ia menyebutkan kegiatannya yakni lomba duta remaja, lomba duta mahasiswa dan lomba KIE (Komunikasi, Informasi, Edukasi) yang sudah berlangsung sejak Selasa (19/5/2015).

Ia berharap, rangkaian kegiatan Jambore Genre tingkat Kota Cimahi dapat membantu menghindarkan remaja dari perilaku kesehatan reproduksi yang tidak mendukung tiga ancaman dasar yakni seks bebas, HIV/AIDS dan dan penyalahgunaan Napza.

"Semoga rangkaian kegiatan Jambore Generasi Berencana ini dapat membantu proses pembentukan karakter remaja Kota Cimahi yang tidak hanya unggul secara intelektual namun juga kreatif dan inovatif dengan budi pekerti yang luhur," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,