Potensi Pertanian Jabar Selatan Bisa Sejahterakan Warga

Potensi Pertanian Jabar Selatan Bisa Sejahterakan Warga

Lahan pertanian di Jawa Barat bagian Selatan punya potensi maju dan berkembang. (Foto : Ade/CikalNews)

Bandung – Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat bertekad untuk memajukan Jawa Barat bagian Selatan, yang meliputi Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Pangandaran. Jawa Barat bagian Selatan mempunyai potensi untuk berkembang khususnya di bidang pertanian, mengingat kawasan ini didukung tanah yang subur dan irigasi yang baik.

 

Menurut Kepala Dinas Pertanian Jawa Barat, Diden Trisnadi, kawasan pertanian yang sudah mempunyai irigasi yang baik di Jawa Barat bagian Selatan sekitar 190.000 hektar. Ini sangat potensial dibandingkan dengan  luas seluruh lahan pertanian yang ada di Jabar.

 

“Irigasi di sana lumayan bagus, sangat banyak dan sebanding dengan luas total lahan pertanian yang mencapai 206.000 hektar,” kata Diden Trisnadi di kantor Dinas Pertanian Jawa Barat, Jl. Suci ,Kota Bandung, Jumat (22/05/2015).

 

Diden menjelaskan, dari 6 kabupaten yang ada di Jawa Barat bagian Selatan semuanya mempunyai potensi pertanian yang bagus. “Mulai dari Barat di Kabupaten Sukabumi hingga di Timur di Kabupaten Pangandaran, masing-masing punya produk dan komoditi andalan," katanya.

Ia menambahkan, panen beras saja Jawa Barat bagian Selatan bisa mencapai indeks 2,8 persen per tahun. Angka ini mengalahkan Jawa Barat bagian Utara yang punya lahan pertanian jauh lebih luas. Jadi tingkat panennya bisa lebih bagus dibandingkan dengan Jawa Barat bagian Utara,” jelasnya.

 

Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat berharap, ke depan semua program pertanian bisa diaplikasikan di Jawa Barat bagian Selatan, untuk mensejahterakan warganya. Berbagai teknologi pertanian pun akan diterapkan guna meningkatkan produk pertanian mereka. (Jr.)**  

.

Categories:Bandung,
Tags:,