Jambore Generasi Berencana Hasilkan Duta Remaja & Mahasiswa

Jambore Generasi Berencana Hasilkan Duta Remaja & Mahasiswa

Jambore Generasi Berencana Hasilkan Duta Remaja & Mahasiswa

Cimahi- Setelah mengikuti rangkaian acara yang cukup padat, akhirnya remaja M. Aulia Aditya dan Imelda Fadilla keluar sebagai Duta Remaja Tingkat Kota Cimahi, serta Natasya Fajria dan Giri Ramadhan sebagai Duta Mahasiswa Tingkat Kota Cimahi.Sedangkan untuk Lomba KIE Kreatif diraih oleh STKIP Siliwangi. Mereka akan mewakili Kota Cimahi di Tingkat Provinsi.

 Jambore Generasi Berencana yang berisikan kegiatan lomba duta remaja, lomba duta mahasiswa dan lomba KIE (Komunikasi, Informasi, Edukasi) Kreatif  ini  berlangsung sejak hari Selasa ( 19/5/2015) hingga Kamis (21/5/2015).

 
Kegiatan Jambore Genre ini diselenggarakan sebagai ajang kompetisi ilmu pengetahuan dan kreatifitas untuk menciptakan generasi unggulan yang akan menopang dan menyokong program-program pembangunan di Kota Cimahi melalui visi menuju Cimahi c.e.r.d.a.s.

Wakil Walikota Cimahi, Drs. H.Sudiarto  hadir menutup acara ini di Gedung Historich, Kamis (21/5)  mengharapkan kegiatan ini bisa menjadi wadah positif kalangan remaja Cimahi.  
 

  “Semoga rangkaian kegiatan Jambore Generasi Berencana ini dapat membantu proses pembentukan karakter remaja Kota Cimahi yang tidak hanya unggul secara intelektual namun juga kreatif dan inovatif dengan budi pekerti yang luhur. Hal ini dikarenakan  remaja merupakan bagian dari keluarga yang mempunyai peranan penting dalam membentuk keluarga berkualitas dan mereka harus dipersiapkan untuk menjadi sumber daya manusia (sdm) yang potensial sebagai generasi yang bertanggung jawab baik bagi dirinya maupun lingkungannya," kata Sudiarto.
 
Dia juga  menyampaikan bahwa berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mengatasi permasalahan remaja, termasuk dalam aspek kesehatan reproduksinya,  berkenaan dengan hal ini, BKKBN Provinsi Jawa Barat  telah mengembangkan program “generasi berencana” (genre) melalui kelompok pusat informasi dan konseling (pik) remaja yang berbentuk penteladanan dari rekan sebaya remaja itu sendiri yang dapat dijadikan figure motivator, model ataupun idola sebagai sumber informasi dan inspirasi  yang positif bagi remaja dan di Kota Cimahi berdasarkan data terbaru dari Disdukcapil (hingga Desember 2014), jumlah penduduk Kota Cimahi mencapai 584.469 jiwa sedangkan jumlah penduduk usia muda sebesar 146.587 jiwa atausekitar 25dari penduduk Kota Cimahi.


 Dengan jumlah remaja dan kawula muda presentasi yang cukup besar ini, kata Wakil Walikota,  disatu sisi menjadi potensi positif bagi sdm berkualitas di masa depan tapi di sisi lain bisa menjadi negatif apabila kita tidak bisa membangun dan mendidiknya.

 Di Kota Cimahi  saat ini telah terbentuk pik remaja di beberapa kelurahan dan sekolah yang kualitas maupun kuantitasnya akan terus ditingkatkan agar menjadi ramah remaja (adolescent friendly).

     Semetara itu tim juri diajang lomba  ini terdiri dari Balai Diklat BKKBN Provinsi Jawa Barat, Dinas Kesehatan, Disdikpora, Diskopindagtan Kota Cimahi serta dari unsur staf Jawa Barat dan profesi bidang penyiaran. (Ode)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait