Klopp Ingin Persembahkan Kemenangan

Klopp Ingin Persembahkan Kemenangan

Jurgen Klopp

Berlin - Jurgen Klopp berencana untuk menghiasi pertandingan kandang terakhirnya sebagai pelatih Borussia Dortmund dengan kemenangan atas Werder Bremen pada Sabtu (23/5/2015), untuk membantu memperbesar peluang mereka menembus kompetisi Eropa.

Setelah dua gelar Liga Jerman dan satu penampilan di final Liga Champions dalam tujuh tahun terakhir, Klopp akan melatih Borussia untuk terakhir kalinya di Stadion Westfallen dan ia menginginkan penampilan terbaik dari timnya.

"Saya berharap kami akan mampu menyodorkan penampilan 'Dortmund' yang benar-benar bagus dan melaju dengan gas penuh," kata Klopp, yang akan digantikan oleh Thomas Tuchel pada musim depan.

Pertandingan terakhir pria 47 tahun itu sebagai pelatih Dortmund akan terjadi di Stadion Olympic Berlin di final Piala Jerman melawan Wolfsburg pada 30 Mei, namun ia ingin mengalahkan Bremen untuk membuka peluang timnya finis di peringkat keenam.

Baik tim peringkat kedelapan Bremen dan Dortmund, yang menghuni peringkat ketujuh, memerlukan tiga angka - dan berharap Borussia Moenchengladbach mengalahkan Augsburg - untuk finis di peringkat keenam untuk menjamin tiket Liga Europa musim depan.

Sebagai tambahan insentif, Dortmund tidak pernah finis lebih rendah daripada peringkat keenam di bawah asuhan Klopp setelah memenangi gelar Liga Jerman 2011 dan 2012, kemudian finis di peringkat kedua di bawah juara Bayern Munich pada dua musim terakhir.

Dengan pemain internasional Jerman Sebastian Kehl juga memainkan pertandingan kandang terakhirnya sebelum pensiun, maka pertandingan ini menjanjikan sore hari yang emosional.

Pemain veteran Roman Weidenfeller, yang telah pulih dari cedera diperkirakan akan menggantikan pemain internasional Australia Mitchell Langerak untuk menjaga gawang.

Dan kapten Dortmund Mats Hummels, yang dilaporkan telah menolak pendekatan dari Manchester United, akan kembali setelah menepi pada Sabtu silam saat mereka kalah di markas Wolfsburg karena kaki yang membengkak.

Apapun itu, finis di peringkat keenam akan menjadi pencapaian impresif baik untuk Bremen atau Dortmund, yang sempat menghuni dasar klasemen pada Desember dan Februari.

Bayern akan dimahkotai gelar juara Liga Jerman untuk ke-25 kalinya, terlepas dari apapun hasil pertandingan kandang mereka melawan Mainz.

Pasukan Pep Guardiola ingin menyelesaikan musim dengan meyakinkan setelah menelan lima kekalahan dari enam pertandingan terakhirnya.

Mereka tersingkir di semifinal Liga Champions dan Piala Jerman pada periode empat pekan yang mengerikan, sejak dipastikan memenangi gelar dengan empat pertandingan tersisa.

Namun Guardiola tetap telah memenangi lima gelar dalam dua tahun di Munich.

Pertarungan menghindari degradasi yang melibatkan enam tim Salah satu dari persaingan terketat untuk menghindari degradasi sepanjang sejarah Liga Jerman akan tersaji, di mana enam tim terbawah semuanya berjuang untuk tidak tergelincir ke kompetisi strata kedua.

Dua tim terbawah, yang saat ini dihuni Paderborn dan Hamburg, akan terdegradasi secara otomatis sedangkan tim peringkat ke-16 menghadapi pertandingan playoff melawan tim peringkat ketiga di divisi kedua.

Tim juru kunci Paderborn tidak dapat finis lebih tinggi daripada posisi ke-16, yang akan membuat mereka berpeluang untuk bertahan di Bundesliga melalui playoff.

Mereka akan menjamu Stuttgart, yang dua posisi lebih tinggi di klasemen, sedangkan tim yang diapit mereka, Hamburg, menjamu tim peringkat kelima Schalke.

Hamburg, satu-satunya tim strata teratas Jerman yang tidak pernah terdegradasi, tidak akan diperkuat mantan gelandang Jerman Marcell Jansen, yang mengalami cedera paha.

"Kami harus mendapatkan hasil bagus, itulah satu-satunya hal yang dapat kami pengaruhi," kata pelatih Hamburg Bruno Labbadia.

Hanover menjamu Freiburg, yang menikmati kemenangan mengejutkan 2-1 atas Bayern sabtu silam, di mana kedua tim terkunci dengan 34 angka, hanya unggul satu angka atas zona degradasi.

"Pada situasi-situasi ekstrim, karakter-karakter dapat keluar," kata pelatih Freiburg Christian Streich.

"Anda dapat melihat hebatnya tekanan yang ada, sebagian tidak mampu menanganinya." Hertha Berlin dapat turun dari posisi ke-13 menuju ambang degradasi dan posisi ke-16 dengan kekalahan di markas Hoffenheim, yang akan membuat mereka berpeluang terdegradasi untuk ketiga kalinya dalam lima tahun.

"Kami tidak akan turun ke lubang perlindungan di kotak (penalti) kami, kami memiliki gelandang agresif yang menekan dan kami ingin menggunakannya," kata pelatih Hertha Pal Dardai.

Jadwal pertandingan Liga Jerman (semua pertandingan dimainkan pukul 13.30 GMT): Bayern Munich vs Mainz, Borussia Dortmund vs Werder Bremen, Borussia Moenchengladbach vs Augsburg, Hoffenheim vs Hertha Berlin, Hanover 96 vs Freiburg, Eintracht Frankfurt vs Bayer Leverkusen, Hamburg vs Schalke 04, Cologne vs VfL Wolfsburg, Paderborn vs VfB Stuttgart. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,