Cegah Jalan Rusak Dishub Pasang Portal di Jabar Selatan

Cegah Jalan Rusak Dishub Pasang Portal di Jabar Selatan

Ilustrasi.(Foto:ADE)

Bandung – Kerap rusaknya jalan di Jawa Barat bagian selatan oleh ulah kendaraan berat milik perusahaan tambang pasir besi yang membawa beban melebihi tonase membuat Dinas Perhubungan Jawa Barat untuk memasang portal di beberapa ruas jalan di Jabar bagian selatan.

 

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Provinsi, Jawa Barat, Dedi Taufik, pemasangan portal di ruas jalan Jawa Barat bagian selatan ini  bertujuan untuk mencegah kendaraan besar pembawa pasir besi masuk ke dalam kota dan jalan protokol.

 

“Kerugian Pemerintah Provinsi Jawa Barat karena jalan rusak setiap tahun terus terjadi, langkah pemasangan portal ini perlu karena bisa menghalau mereka masuk ke jalan protokol atau kawasan perkotaan. Jika tidak diportal kerusakan jalan bisa makin meluas. Di Cianjur Selatan, Sukabumi Selatan jalan rusak semua karena truk pertambangan pembawa pasir besi,” ucap Dedi Taufik di kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Jl. Sukabumi, Kota Bandung, Jumat (22/5/2015).

 

Dedi Taufik menyarankan, semua penambang pasir sebaiknya mengubah pola distribusinya agar tidak terus merusak jalan dan mengganggu fasilitas jalan umum.

 

“Penambang bisa mengirim hasil tambangnya lewat laut dengan membuat dermaga sendiri. Dengan adanya pengiriman lewat laut, dipastikan jalan di Jawa Barat tidak akan rusak parah seperti saat banyak truk pasir berlalu-lalang,” sarannya.

 

Saat belum dibuatnya dermaga sendiri oleh para pengusaha tambang, Pemprov Jawa Barat mencegah kerusakan jalan dengan memasang portal di beberapa ruas jalan yang sering dilewati para kendaraan berat dengan tonase berlebih, langkah ini bisa mengurangi kerusakan jalan yang semakin parah dan meluas.(Ode)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,