PNM Cirebon Dorong Nasabah Semangat Berwirausaha

PNM Cirebon Dorong Nasabah Semangat Berwirausaha

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Persero Cabang Cirebon, mendorong nasabah pelaku usaha mikro kecil lebih semangat berwirausaha dengan memberikan pelatihan pengembangan kapasitas usaha wilayah Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) Klaster Rajagaluh, Kabupaten Majalengka.

Executive Vice President PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Persero Arief Mulyadi, Sabtu (23/5/2015) mengatakan, pada kegiatan itu para nasabah dibimbing dan diberi pelatihan serta motivasi dalam memulai bisnisnya agar lebih maju.

"Diharapkan ke depannya usaha mikro kecil (UMK) kita terus maju sehingga masyarakat madani yang sejahtera dan mandiri akan terwujud," katanya di Majalengka.

Ia menuturkan, pengusaha mikro dan kecil merupakan salah satu yang menopang ekonomi nasional.

PNM, lanjut dia, berupaya untuk membantu para pelaku UMK untuk meningkatkan kapasitas usaha bisnisnya dengan melakukan pendampingan usaha sebagai langkah konkret.

"Perusahaan selanjutnya akan direalisasikan melalui serangkaian program, meliputi pengembangan dan pemasaran produk UMK, peningkatan akses antara pelaku usaha, hingga peningkatan iklim usaha yang kondusif," katanya.

Pemimpin PNM Cabang Cirebon, Budi Santoso menambahkan, konsep pendampingan dan pelatihan di Klaster Rajagaluh diperlukan bagi pelaku UMK karena dapat menjembatani untuk bertukar pikiran serta meluaskan jaringan usaha antar-pelaku UMK.

Kegiatan pelatihan usaha itu, lanjut dia, akan lebih digiatkan sebagai langkah semangat perseroan untuk memajukan ekonomi kerakyatan.

"Materi pelatihan juga dirancang untuk meningkatkan motivasi para nasabah dalam melakukan inovasi produk dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, terutama dengan maraknya produk-produk impor yang membanjiri pasar lokal," katanya.

Pelatihan itu dihadiri pemerhati perkembangan UMK wilayah Majalengka Firman Nur Iman, M.Pd, CH, CHt, yang mengapresiasi PNM-ULaMM dengan programnya telah membangun wirausaha kerakyatan.

"Apa yang telah dilaksanakan oleh PNM selama ini sungguh luar biasa dengan tujuan untuk membangun wirausaha berlandaskan ekonomi kerakyatan," katanya. (AY)

.

Categories:Ekonomi,
Tags:,