PHRI Gelar Gerakan Sadar Wisata

PHRI Gelar Gerakan Sadar Wisata

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Garut, siap melakukan gerakan masyarakat sadar wisata sebagai upaya membangun destinasi wisata di Garut untuk meningkatkan kunjungan dan kenyamanan wisatawan.

"Membangun destinasi wisata Garut dapat dimulai melalui gerakan membangun masyarakat sadar wisata," kata Ketua PHRI Kabupaten Garut Asep Haililusna kepada wartawan, Sabtu (23/5/2015).

Ia menuturkan kesadaran wisata bukan hanya msyarakat sekitar kawasan objek wisata saja, tetapi harus terwujud secara menyeluruh di Kabupaten Garut.

Menurut dia, masyarakat sadar wisata harus ditumbuhkembangkan secara formal oleh pemerintah mulai dari wewujudkan kesadaran kebersihan kota.

Selanjutnya, kata dia, menghilangkan perilaku pihak tertentu yang mencari keuntungan pribadi dengan melakukan pungutan liar kepada wisatawan.

"Kenyamanan berwisata akan menjadikan wisatawan betah sehingga mau berlama-lama tinggal di Garut," katanya.

Ia berharap gerakan mewujudkan masyarakat sadar wisata dapat dilakukan secara bersama-sama antara-PHRI, pemerintah daerah dan kepolisian.

Melalui sadar wisata itu, kata dia, maka lahir masyarakat dan generasi muda Garut yang memiliki semangat, rasa bangga dan memiliki wisata daerahnya.

"Dengan terbentuknya sadar wisata akan membentuk sistem proteksi terhadap perilaku-perilaku yang merusak dan mencoreng potensi daerahnya," katanya.

Ia menambahkan Kabupaten Garut memiliki banyak potensi pariwisata yang menarik seperti wisata alam pegunungan, air panas, danau, situs, dan laut.

"Destinasi wisata yang ada di Garut ini harus dibangun citra baiknya. Kita lihat Bali diberikan pencerahan sadar wisatanya yang dipantau lebih formal," katanya. (AY)

.

Categories:Wisata,
Tags:,