Pemimpin Oposisi Burundi Tewas Ditembak

Pemimpin Oposisi Burundi Tewas Ditembak

Polisi antihuru-hara menembakkan meriam air untuk membubarkan pengunjuk rasa yang menentang keputusan Partai Dewan Nasional untuk Pertahanan Demokrasi- Pasukan untuk Pertahanan Demokrasi (CNDD-FDD) yang berkuasa yang mengizinkan Presiden Pierre Nkurunziza

Bujumbura  - Pemimpin satu partai oposisi Burundi tewas ditembak pada Sabtu (23/5) malam, saat ia dalam perjalanan pulang ke rumahnya di Ibu Kota Burundi, Bujumbura, kata beberapa saksi mata kepada kantor berita Xinhua.


Para saksi mata mengatakan Zedi Feruzi, Ketua Serikat Perdamaian dan Pembangunan Burundi (UPD-Zigamibanga), ditembak oleh beberapa orang tak dikenal ketika sedang berjalan menuju ke rumahnya di Distrik Ngagar di Bujumbura.

Menurut mereka, orang-orang tak dikenal itu juga menembak seorang pengawal Feruzi hingga tewas dan menyebabkan seorang lagi luka serius.

Para pembunuh itu melarikan diri setelah penembakan, kata beberapa saksi mata.

Kejahatan itu terjadi beberapa hari setelah protes oposisi menentang upaya Presiden Burundi Pierre Nkurunziza untuk menduduki jabatan periode ketiga dalam pemilihan presiden yang dijadwalkan berlangsung 26 Juni.

Ketua UPD-Zigamibanga Zedi Feruzi termasuk di antara penyelenggara protes terhadap upaya Nkurunziza menduduki jabatan periode ketiga yang menimbulkan protes sejak 26 April.

UPD adalah anggota koalisi oposisi, Aliansi Demokrat untuk Perubahan (ADC-Ikibiri). Penyelenggara protes meliputi oposisi dan masyarakat sipil.

Burundi berencana menyelenggarakan pemilihan umum tahun ini. Pemungutan suara utama mencakup pemilihan anggota legislatif dan pemerintah lokal dijadwalkan pada 5 Juni sementara pemilihan presiden akan dilakukan 26 Juni. (Ode)**
.

Categories:Internasional,
Tags:perang,