Ditemukan Kuburan Massal Imigran di Malaysia

Ditemukan Kuburan Massal Imigran di Malaysia

Ditemukan Kuburan Massal Imigran di Malaysia

Perlis - Sedikitnya 30 kuburan massal di dua lokasi di negara bagian Perlis, Malaysia yang berbatasan dengan Thailand, ditemukan oleh Kepolisian Malaysia. Lebih dari 100 mayat ditemukan dalam sebuah liang kubur, yang diduga digunakan untuk mengubur jasad korban perdagangan manusia dari Myanmar dan Bangladesh.
 
Dilaporkan NBCNews, Minggu (24/5/2015) Juru Bicara Kepolisian Malaysia menolak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai penemuan itu dan mengatakan, keterangan resmi kepada pers akan diberikan pada Senin mendatang. 
 
Seorang petugas yang menolak untuk disebutkan namanya menyebutkan, sampai saat ini belum jelas berapa banyak kuburan dan jasad yang telah ditemukan. Meski ada dugaan sementara, tetapi tidak diketahui apakah jasad-jasad yang telah ditemukan merupakan anggota etnis Rohingya Myanmar.
 
Penemuan itu juga diduga memiliki kaitan dengan penemuan kuburan massal lainnya di Provinsi Songkhla, Thailand, yang letaknya berdekatan dengan sebuah camp yang dicurigai terkait dengan praktik perdagangan manusia. Dikabarkan, sebanyak 26 jasad manusia ditemukan di kuburan massal tersebut.
 
Sejauh ini, Malaysia bagian utara merupakan salah satu jalur yang digunakan para penyelundup, untuk membawa orang-orang dari Myanmar dan Bangladesh ke wilayah Asia Tenggara. Indonesia dan Malaysia akhirnya setuju untuk menampung sementara para imigran yang datang ke negara mereka dengan perahu, setelah mereka  terombang-ambing di lautan selama berbulan-bulan. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,