Federer Memulai Penampilannya di Prancis Terbuka

Federer Memulai Penampilannya di Prancis Terbuka

Roger Federer

Paris - Roger Federer memulai penampilan ke-62 beruntunnya di Grand Slam pada Prancis Terbuka pada Minggu (24/5/2015), melawan orang yang pernah nyaris memberikan kekecewaan terbesarnya di ajang utama.

Unggulan kedua asal Swiss itu akan mengisi panggung utama pada hari pembuka Roland Garros, ketika ia menghadapi Alejandro Falla asal Kolombia.

Falla, yang masuk ke undian utama sebagai "pecundang yang beruntung" dari kualifikasi, pernah unggul dua set atas Federer pada putaran pertama di Wimbledon pada 2010 sebelum petenis Swiss itu bangkit dan meraih kemenangan dalam pertandingan yang berlangsung lima set.

Petenis kidal asal Kolombia Falla yang saat ini menghuni peringkat 111 dunia, menghuni peringkat 48 dua tahun silam, dan sempat menembus putaran keempat di Paris pada 2011.

Federer, juara 2009, merupakan unggulan kedua tahun ini dan mendapatkan undian yang lebih ringan, di mana unggulan teratas Novak Djokovic, juara sembilan kali Rafael Nadal, dan unggulan ketiga Andy Murray berada di paruh undian yang lain.

Sebagai hasilnya, petenis 33 tahun itu hanya berpeluang menghadapi salah satu rival utamanya untuk meraih gelar pada final yang akan dilangsungkan pada 7 Juni, dan tidak akan bertemu salah satunya sebelum tanggal tersebut.

"Saya cukup bagus untuk menembus final pada banyak kesempatan, maka saya merasa saya tahu apa yang telah saya lakukan dengan baik di sini pada beberapa tahun sebelumnya," tutur Federer.

"Saya berharap hal itu dapat sedikit membantu saya. Saya memainkan permainan tenis yang bagus, dan jika saya dapat memadukan semuanya, ini dapat menjadi turnamen yang sukses." Federe, yang memiliki rekor pertemuan 7-0 melawan Falla, berpeluang bertemu kompatriotnya Stan Wawrinka di perempat final.

Juara Australia Terbuka 2014 yang merupakan unggulan kedelapan itu juga memulai perjuangannya pada Minggu, dengan menghadapi petenis peringkat 82 dunia asal Turki Marsel Ilhan.

Unggulan kelima asal Jepang Kei Nishikori juga akan bermain pada Minggu melawan Paul-Henri Mathieu, petenis Prancis berusia 33 tahun, yang sekarang menghuni peringkat 123 dunia dan baru meraih satu kemenangan dari empat tur di tahun ini.

Nishikori tidak pernah melewati putaran keempat di Paris namun ia mampu mempertahankan gelar lapangan tanah liatnya di Barcelona tahun ini, serta menembus semifinal di Madrid.

Ia juga mendapat tambahan keuntungan dengan memiliki juara Prancis Terbuka 1989 Michael Chang sebagai pelatihnya.

Pada kategori putri, runner up tahun lalu Simona Halep, yang merupakan unggulan ketiga, akan bermain di lapangan utama Philippe Chatrier melawan Evgeniya Rodina, petenis peringkat 91 dunia asal Rusia yang tidak pernah memenangi pertandingan undian utama di Paris.

Unggulan ketujuh asal Serbia Ana Ivanovic, juara 2008, memulai perjuangannya dengan menghadapi petenis Kazakhstan Yaroslava Shvedova, yang mampu mencapai perempat final pada 2010 dan 2012.

Pada pertandingan-pertandingan lain yang mendapat banyak sorotan pada hari pertama, Ernests Gulbis, yang menyingkirkan Federer di kompetisi ini pada tahun lalu dalam perjalanannya menembus semifinal, menghadapi Igor Sijsling asal Belanda.

Gulbis hanya mengukir dua kemenangan sepanjang tahun ini.

Unggulan ke-14 asal Prancis Jo-Wilfried Tsonga, semifinalis pada 2013, menghadapi petenis kualifikasi asal Swedia Christian Lindell, petenis peringkat 200 dunia yang melakukan debut Grand Slamnya. (AY)

.

Categories:Olahraga,
Tags:olahraga,