'Jabar Unggul 2015' sebagai Pemetaan Produk

'Jabar Unggul 2015' sebagai Pemetaan Produk

Seorang model sedang memperagakan kain khas Jawa Barat di acara Jabar Unggul 2015. (Foto : ADE/CikalNews)

Bandung – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, Ferry Sofwan menilai acara Jabar Unggul 2015 yang digelar di halaman BIP, adalah sebagai bentuk pemetaan produk khas Jawa Barat.

 

Menurutnya, beberapa produk kerajinan khas Jawa Barat nantinya akan dibekali dan diberi penguatan untuk bersaing di era MEA. “Kita akan lakukan pemetaan beberapa daerah dengan kerajinan khasnya, nanti kita akan berikan penguatan dengan pelatihan dan manajemen pemasaran,” cetus Ferry Sofwan di acara Jabar Unggul 2015 di BIP, Jl. Merdeka, Kota Bandung, Minggu (24/05/2015).

 

Pemetaan produk unggulan dinilai Disperindag Jabar mempunyai 4 kelompok. Yakni produk unggulan kerajinan, kuliner, fashion, dan sandal & sepatu. “Jawa Barat itu mempunyai banyak produk unggulan dari 4 kelompok jenis wirausaha, ada bidang kuliner, kerajinan tangan, fashion, dan juga alas kaki,” papar Ferry.

 

Jawa Barat optimis para pelaku wirausahanya bisa bersaing dengan negara lain di era MEA, karena semuanya sudah berstandar SNI. Bahkan untuk kerajinan tangan semuanya sudah mengikuti standar internasional untuk impor.

 

Bahan baku untuk pembuatan 4 kelompok wirausaha ini juga terbilang cukup berlimpah. Misalnya kayu, kulit, kain, plastic, dan jenis yang lainnya. (Jr.)** 

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,