Garut Bangun Tiga Tambatan Kapal

Garut Bangun Tiga Tambatan Kapal

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Pemerintah Kabupaten Garut membangun tiga tambatan kapal di wilayah laut selatan Garut untuk memudahkan nelayan berlabuh dan menjual hasil melautnya ke tempat pelelangan ikan.

"Di tahun anggaran 2015 sudah dialokasikan mengenai rencana pembangunan tiga tambatan perahu di wilayah selatan Garut," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut Wahyudijaya kepada wartawan, Senin (25/5/2015).

Ia menyebutkan, tambatan yang menjorok ke tengah laut itu dibangun di kawasan Pantai Pameungpeuk, Caringin dan Rancabuaya.

"Nanti tiga tambatan itu sebagai dermaga kecil untuk memudahkan kapal nelayan melaut," kata Wahyudijaya didampingi Kepala Bidang Laut, Udara dan ASDP (Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan) Hari Winarto.

Pemerintah Kabupaten Garut sebelumnya telah membangun lima tambatan kapal tersebar di sepanjang pantai laut selatan Garut.

Tambatan itu dibawah Koordinator Bidang Kelautan, Dinas Perhubungan Garut yang difungsikan untuk kemudahan para nelayan melaut.

Keberadaan tambatan tersebut menggunakan APBD Kabupaten Garut selama dua tahun anggaran 2012 dan 2013.

Terkait rencana pembangunan pelabuhan bagi kapal besar di Garut selatan, Wahyudijaya mengatakan sepenuhnya kewenangan Pemerintah Provinsi Jabar.

Pihaknya belum mengetahui kelanjutan rencana pembangunan pelabuhan besar atau pelabuhan pengumpan regional yang pengelolaannya dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jabar.

"Pelabuhan besar itu dikelola Jawa Barat, belum tahu persis perkembangan lanjutannya," katanya. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:daerah,