Bebegig Meriahkan 444 Hari Hitung Mundur PON 2016

Bebegig Meriahkan 444 Hari Hitung Mundur PON 2016

Bebegig Meriahkan 444 Hari Hitung Mundur PON 2016.(Net)

Bandung - Bebegig, kesenian khas Kabupaten Ciamis, Jawa Barat bakal memeriahkan acara hitung mundur 444 hari, menjelang PON XIX/2016 Jabar. Akan dilaksanakan sosialisasi PON ini dirangkaikan dengan perayaan HUT ke-373 Kabupaten Ciamis, Minggu 7 Juni 2015.

 
Menurut Ketua Bidang Penyiaran dan Pelayanan Media (PPM) PON XIX/2016 Jabar Ateng Kusnandar, rencana dimaksud dalam perjalanan dari Kota Bandung menuju Ciamis, Selasa siang (26/5/2015). "Hari ini, tim PPM menuju Kabupaten Ciamis untuk berkoordinasi langsung dengan Bupati Iing Syam Arifin soal pelaksanaan counting down," ujar Ateng kepada wartawan dalam perjalanan.
 
Ditambahkan, Bebegig dihadirkan meramaikan acara hitung mundur karena seni tradisi unik ini  identik dengan Kabupaten Ciamis. Bebegig juga selalu dinanti oleh warga Kabupaten Ciamis dan Jabar umumnya. Terlebih bila jumlahnya banyak.
Bebegig mirip dengan orang-orangan sawah. 
 
Namun, aktornya adalah manusia yang memakai topeng besar. Selain memakai topeng unik dengan raut beragam, bebegig dihiasi rambut gimbal. Kesenian ini semakin menghadirkan suasana meriah, berkat musik pengiring dogdog dan angklung. 
 
Bebegig mulai dipopulerkan oleh seniman Kabupaten Ciamis khususnya masyarakat Kecamatan Sukamantri pada 1950-an. "Seni bebegig termasuk kategori helaran (karnaval). Biasanya digelar untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI, khitanan, menyambut tamu, acara-acara tertentu, serta kerap dilombakan pada festival di luar daerah," ungkap Ateng, yang juga Kepala Bagian Humas Pemprov Jabar.
 
Ateng merinci, acara hitung mundur 444 hari menuju PON XIX/2016 Jabar juga dimeriahkan jalan sehat keliling pusat Kabupaten Ciamis. Jalan sehat yang akan diikuti Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), yang juga Ketua Umum Panitia Besar (PB) PON XIX/2016 Jabar, diperkirakan diikuti antara 60-70 ribu warga umum.
 
"Istimewanya lagi ada senam yang diikuti 444 santri dari berbagai pesantren se-Ciamis. Jadi counting down 444 menjelang PON XIX di Ciamis akan sangat meriah. Ini semua guna mengundang partisipasi masyarakat menyukseskan PON," papar Ateng lagi.
 
Pemprov Jawa Barat sendiri, lanjut Ateng, akan berupaya menjadikan pesta olahraga mutli cabang nasional terakbar ini, sebagai yang terbesar dalam sejarah PON. (Jr.)**
.

Categories:Hiburan,
Tags:hiburan,