Rupiah Menguat Jadi Rp 11.996 per Dolar AS

Rupiah Menguat Jadi Rp 11.996 per Dolar AS

Rupiah Menguat Jadi Rp 11.996 per Dolar AS

Jakarta - Nilai tukar rupiah bergerak menguat terhadap dolar Amerika Serikat yang sempat menyentuh level Rp 11.996 per dolar AS. Pengamat pasar modal William Suryawijaya mengatakan, penguatan rupiah bukan efek dari pasca-pelantikan Jokowi-JK. 

Dia menjelaskan, hal itu lebih dikarenakan dolar AS tengah mengalami fase kejenuhan yang sudah terlalu lama menguat hingga melemah. "Pergerakan dolar AS yang berbalik arah jadi melemah, bukan rupiah yang menguat. Dolar AS naiknya cukup tinggi dan lama, makanya sekarang melemah," kata William di Jakarta, Selasa (21/10/2014).

Terkait pelantikan Jokowi-JK yang sebagian menilai membuat rupiah menguat, lanjut William sentimen itu tidaklah terlalu besar. Untuk itu, pemerintahan mendatang diminta untuk memperbaiki fundamental makroekonomi dalam negeri.

Ia pun memprediksi, dengan keadaan itu rupiah sampai akhir tahun tetap berada dilevel Rp 11.900-an per dolar AS. "Saya prediksi rupiah dilevel Rp 11.500 per dolar AS, karena dolar AS sedang melemah," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,