Sri Mulyani Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Sri Mulyani Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Sri Mulyani Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

TERLEPAS dari kontroversi yang sempat menempel dalam dirinya, namun sosok mantan Menteri Keuangan di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini, patut mendapat ancungan jempol. Pasalnya, untuk kesekian kalinya Sri Mulyani berkibar di kancah dunia internasional melalui kiprahnya sebagai wanita yang paling berpengaruh.

Seperti dikutip dari Forbes, pemilik nama lengkap Sri Mulyani Indrawati yang lahir di Bandar Lampung, 26 Agustus 1962 ini, kembali masuk jajaran 100 wanita paling berpengaruh di dunia dengan menduduki peringkat ke-31 daftar yang dinilai sangat bergengsi tersebut.

Sebelumnya, wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Banki Dunia ini,  pernah pula dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006  oleh Emerging Markets pada 18 September 2006 di sela Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF di Singapura. Sri juga  terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008, dan wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia bulan Oktober 2007.

Terakhir dalam daftar bertajuk 'The World's Most Powerful Women' atau 'Wanita Paling Berpengaruh' yang dirilis Forbes, Sri Mulyani dinilai memiliki posisi penting sebagai wanit paling senior di Bank Dunia. Alasannya, mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas di Kabinet Indonesia Bersatu ini memiliki tugas menyatukan ide-ide dan orang dari 188 negara anggota Bank Dunia.Berdasarkan data  dalam daftar tersebut, peringkat pertama wanita paling berpengaruh di dunia adalah Kanselir Jerman Angela Merkel. Peringkat kedua diduduki Hillary Clinton, dan di peringkat ketiga adalah Melinda Gates, istri dari Bill Gates. Sedangkan Sri Mulyani masuk dalam urutan ke-31 wanita paling berpengaruh di dunia.

Sri Mulyani sebelumnya dikenal sebagai seorang pengamat ekonomi di Indonesia.  Ia menjabat sebagai Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FEUI) sejak Juni 1998. Pada5 Desember 2005, ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan perombakan kabinet, Sri Mulyani dipindahkan menjadi Menteri Keuangan menggantikanJusuf Anwar. Sejak tahun2008, ia menjabat Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian,  setelah Menko Perekonomian Dr. Boediono dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia. (AY)

.

Categories:Unik,
Tags:,