Hillary Clinton Ditantang si Sosialis Bernie Sanders

Hillary Clinton Ditantang si Sosialis Bernie Sanders

Hillary - Sanders

Washington  - Senator Bernie Sanders dari Partai Demokrat secara resmi meluncurkan kampanye liberal populisnya menuju Gedung Putih, Selasa (26/5/2015) waktu setempat, dengan mengulangi tekadnya mengarahkan ulang sistem ekonomi AS yang telah menciptakan kesenjangan besar antara si kaya dan si miskin.

Sanders berbicara pada acara deklarasi pencalonannya di negara bagian Vermont bahwa dia maju mencalonkan diri sebagai Presiden AS untuk membela kepentingan pemilih AS yang lelah oleh sistem perekonomian yang curang.

"Jenis ekonomi yang curang ini bukanlah yang seharusnya dianut Amerika," kata Sanders yang dengan bangga menyebut dirinya sosialis itu.

Politis berusia 73 tahun yang hanya dikenal di Vermont ini akan menantang calon utama Partai Demokrat Hillary Clinton.

Sanders mengaku menikmati kesempatan bertarung melawan Clinton yang luas dianggap favorit kuat menjadi calon presiden resmi dari kubu Demokrat.

Sanders yang selama bertahun-tahun memperingatkan kesenjangan ekonomi yang terus melebar di Amerika menekankan bahwa "para jutawan dan milyarder" mengendalikan sistem yang menguntungkan kaum kaya dengan mengorbankan bagian lebih besar kelas pekerja dan rakyat miskin.

"99 persen dari semua pendapatan baru yang dihasilkan negeri ini mengalir kepada satu persen kalangan top (super kaya)," kata dia seperti dikutip AFP.(Ode)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,