Tak Cetak Kartu, Peserta SBMPTN Gagal Ujian

Tak Cetak Kartu, Peserta SBMPTN Gagal Ujian

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung- Peserta yang belum mencetak kartu peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri(SBMPTN) hingga batas waktu yang ditentukan, terancam gagal mengikuti ujian.

 "Tahap terakhir pendaftaran online SBMPTN 2015 adalah mencetak Kartu Tanda Peserta. Apabila calon peserta belum mencetak Kartu Tanda Peserta, maka calon peserta tersebut tidak bisa mengikuti ujian karena status yang bersangkutan dinyatakan belum resmi menjadi peserta SBMPTN 2015," ujar Sub Bidang Informasi dan Humas, Soni  A. Nulhaqim, di Gedung Information Center SBMPTN, Jalan Ganesha, Rabu (27/5/2015).

 Dikatakannya, pada Kartu Tanda Peserta tercantum nomor peserta, nama peserta, kelompok ujian, tahun ijazah, alamat peserta, pasfoto peserta, jadwal pelaksanaan ujian, perlengkapan yang harus dibawa saat ujian, alamat peserta pada saat mengikuti ujian (berikut nomor telepon, ditulis tangan), pilihan program studi, lokasi ujian, dan kalimat pernyataan dilengkapi tanda tangan peserta.

 "Sehingga kalau calon peserta tidak mencetak kartu tersebut, calon peserta tidak akan mengetahui informasi-informasi penting seperti lokasi dan jadwal ujian sehingga otomatis yang bersangkutan tidak akan bisa mengikuti pelaksanaan ujian," tegasnya.

 Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2015 kata Sony  merupakan salah satu persyaratan yang wajib dibawa peserta ketika pelaksanaan ujian (tertulis/keterampilan) berlangsung dan juga akan digunakan ketika melakukan pendaftaran ulang SBMPTN ke PTN yang dipilih.

 "Maka dari itu, panitia menghimbau kepada calon peserta yang telah mendaftar online dan belum melakukan cetak kartu, untuk segera melakukan cetak Kartu Tanda Peserta sebelum pendaftaran online SBMPTN 2015 ditutup pada tanggal 29 Mei 2015 pukul 22.00 WIB," paparnya.

 Berikut langkah-langkah mencetak Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2015 untuk calon peserta yang telah melakukan pendaftaran online namun belum cetak kartu: 

 1. Peserta mengakses http://pendaftaran.sbmptn.or.id untuk melakukan log in dengan menggunakan KAP dan PIN yang dimiliki.
 2. Laman pendaftaran SBMPTN 2015 akan menampilkan laman Konfirmasi Data Borang Peserta.
 3. Peserta memeriksa data yang telah diisi dan melakukan konfirmasi dengan meng-klik opsi “Saya Setuju” jika data yang diisikan sudah benar.
 4. Peserta kemudian meng-klik opsi Kartu yang tercantum di bagian bawah data pada laman Konfirmasi Data Borang Peserta.
 5. Laman SBMPTN 2015 akan menampilkan Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2015 6. Calon peserta meng-klik opsi Cetak untuk mencetak Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2015.(Ode)**)

.

Categories:Pendidikan,
Tags:,