CEO Total Tewas Dalam Kecelakaan Bersama Jet Pribadinya

CEO Total Tewas Dalam Kecelakaan Bersama Jet Pribadinya

CEO Total Tewas Dalam Kecelakaan Bersama Jet Pribadinya

Moskow - Chief Executive Officer (CEO) dari perusahaan minyak Prancis Total, Christophe de Margerie, tewas dalam kecelakaan ketika jet pribadinya bertabrakan dengan kendaraan penyapu salju saat lepas landas dari bandara Vnukovo, Moskow pada Selasa (21/10/2014) dinihari WIB.

Tabrakan antara jet dan kendaraan penyapu salju itu terjadi beberapa menit sebelum tengah malam (waktu Moskow) saat jet Dassault Falcon milik De Margerie lepas landas untuk menuju ke Paris.

Komite Investigasi Rusia mengatakan supir dari kendaraan penyapu salju itu sedang dalam keadaan mabuk dan hingga sekarang penyelidikan lebih lanjut terhadap kasus kecelakaan itu sedang dilakukan.

Pihak perusahaan minyak Total menyampaikan bahwa tiga orang kru pesawat jet itu juga meninggal. Pihak bandara Vnukovo mengatakan visibilitas atau jarak pandang pada saat kecelakaan itu terjadi adalah 350 meter (1.150 kaki).

Vnukovo adalah bandara tertua dan terbesar ketiga di Moskow. Bandara yang terletak di sebelah barat daya Moskow itu biasanya digunakan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin dan pejabat pemerintah lainnya.

De Margerie (63) datang ke Rusia untuk menghadiri pertemuan pemerintah Rusia tentang investasi asing di Gorki, dekat Moskow pada Senin malam.

Dengan kumis lebat khas dan sikapnya yang blak-blakan, De Margerie adalah salah satu eksekutif perusahaan minyak top dunia yang paling dikenal. Total merupakan perusahaan minyak Perancis terbesar kedua, dengan nilai pasar mencapai 102 miliar Euro.

"Perancis kehilangan seorang pemimpin bisnis yang luar biasa yang telah mengubah Total menjadi perusahaan raksasa dunia. Perancis kehilangan seorang kapten industri besar dan seorang patriot," kata Perdana Menteri Perancis Manuel Valls dalam sebuah pernyataan.

De Margerie juga diketahui sebagai teman dekat dari Presiden Perancis Francois Hollande, yang mengaku merasa "terkejut dan sedih" mendengar berita kematian bos Total itu.

Penghargaan terhadap De Margerie juga berdatangan dari para pemimpin bisnis Perancis lainnya.

Kematian De Margerie ini meninggalkan kekosongan posisi penting pada salah satu perusahaan minyak terbesar di dunia itu, di mana Total saat ini sedang menghadapi masa sulit karena harga minyak sedang jatuh dan perusahaan-perusahaan minyak dari negara lainnya menjauhkan Total dari beberapa wilayah eksplorasi minyak terbaik. (AY)

.

Categories:Internasional,
Tags:kecelakaan,