Tahun 2015 Merupakan Tahun Terpanas dalam Sejarah

Tahun 2015 Merupakan Tahun Terpanas dalam Sejarah

Ilustrasi.(Foto:Net)

California - Para peneliti mengeluarkan peringatan, bahwa tingkat karbon dioksida di Bumi telah mencapai level tertinggi dari yang seharusnya. Hal tersebut akan mengakibatkan perubahan iklim dunia, di mana tahun 2015 imi diperkirakan akan menjadi tahun paling panas dalam sejarah yang dirasakan oleh manusia.
 
Sebagaimana dilaporkan Mirror, temperatur dunia sejak Januari hingga April 2015 menjadi yang terpanas dalam sejarah. Hal itu disebabkan oleh tingkat perubahan iklim di Bumi yang telah melewati tingkat aman.  Empat bulan pertama selama tahun 2015 pun tercatat, merupakan suhu terpanas dunia yang berlangsung sejak 136 tahun yang lalu. 
 
Peningkatan temperatur itu terjadi khususnya di wilayah darat dan laut di dunia. Suhu untuk periode ini mencapai 0,80 derajat Celsius di atas suhu rata-rata abad ke-20, yang melebihi rekor sebelumnya sekitar 0,07 ° C pada 2010.  
 
Disebutkan, suhu tertinggi di dunia tercatat terjadi di wilayah Ghana, Venezuela dan Palau di Kepulauan Pasifik. Berdasarkan data dari National Oceanic and Atmospheric Administration menunjukkan, dalam 12 bulan terakhir ini panas di dunia telah melebihi catatan panas dari dua tahun sebelumnya.  
 
Profesor Adam Scaife, salah seorang peneliti dari lembaga cuaca Inggris, Met Office menyatakan, pada tahun 2015 ini akan menjadi tahun terpanas karena suhu global akan melampaui rekor panas pada 2014. "Kami memperkirakan, tahun ini dunia akan mencatat rekor baru, sekitar 0,64 ° C di atas normal, dan suhu global yang lebih tinggi sepanjang tahun ini dibandingkan pada tahap ini di 2014,” katanya.  
 
Sebelumnya, para ilmuwan sempat memperkirakan, jika perubahan iklim menyebabkan melambatnya pemanasan global dalam 15 tahun terakhir. Namun, rekor panas di 2015 ini membuktikan jika dunia ini telah memanas kembali.  (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:kesehatan,