Gurun Pasir Dasht-e Lut, Tempat Terpanas di Dunia

Gurun Pasir Dasht-e Lut, Tempat Terpanas di Dunia

Gurun Pasir Dasht-e Lut, Tempat Terpanas di Dunia

Teheran - Selama ini, Iran memang dikenal sebagai negara yang memiliki udara paling panas di dunia. Demikian juga berdasarkan data dari NASA, yang menyebutkan bahwa tempat terpanas di dunia ada di Iran. Adalah gurun pasir Dasht-e Lut, yang memiliki suhu tertinggi di dunia di mana panasnya bisa mencapai 70,7 derajat Celcius.
 
 
Dengan memiliki panjang 480 km dan lebar 320 km, menjadikan Dasht-e Lut berada pada posisi ke-25 dalam daftar gurun terluas di dunia. Dilansir dari BBC,  pada tahun 2005 suhu udaga di gurun ini mencapai titik 70,7 derajat Celcius.
 
Data tersebut diambil dari instrumen satelit NASA yang dipasang Thermal Infrared Sensor. Satelitnya sendiri adalah Landsat-8. 
 
Disebutkan, dengan memiliki suhu yang sedemikian tinggi menjadikan gurun ini juga termasuk sebagai kawasan yang paling kering di dunia. Sedangkan untuk titik paling panasnya berada di Gandom Beryan.

Areanya sekitar 480 km dan semuanya diselimuti lava gelap. Beberapa legenda pun menyelimuti area ini. Salah satu yang paling terkenal adalah gandum yang terbakar. Menurut ceritanya, di mana dahulu ada kendaraan yang membawa gandum dan terjatuh di kawasan tersebut. 
 
Begitu panasnya, gandum itupun dengan mudah terbakar hanya dalam waktu beberapa hari. Lava hitam itu pun dianggap berasal dari gandum yang terbakar.

Namun demikian, harus pula diperhatikan bahwa suhu 70,7 derajat Celcius tersebut merupakan suhu di tanah bukanlah suhu udaranya. Sedangkan suhu udara di gurun pasir Dasht-e Lut masih sedikit lebih rendah, jika  dibandingkan dengan di datarannya.

Sejauh ini, menjadi tempat terpanas bukan berarti tak menarik minat wisatawan. Buktinya, banyak juga para wisatawan yang penasaran dan ingin merasakan sendiri, sepanas apa sih cuaca yang ada di sana. Salah satu yang datang adalah Louis Pryce, misalnya. 
 
Salah seorang wisatawan yangt berasal Inggris ini mencoba untuk berkeliling Iran dengansepeda motor. Kemudian ia juga sempat mendatangi Dasht-e Lut, untuk mengetahui dan merasakan sepanas apa memang suhu di gurun tersebut. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:wisata,