Gelombang Lima Meter Berpeluang di Perairan Merauke

Gelombang Lima Meter Berpeluang di Perairan Merauke

Ilustrasi.(Foto:Net)

Jayapura - Gelombang maksimum dengan tinggi mencapai empat hingga lima meter berpeluang terjadi di Perairan Merauke, Perairan selatan Pulau Yos Sudarso dan Laut Arafuru bagian timur.

Prakirawan Stasiun Meterologi Biak pada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura Januar Hansen Wompere, di Jayapura, Jumat (29/5/2015), mengatakan, angin di atas perairan utara Papua pada umumnya bertiup dari arah barat laut hingga timur.

"Kecepatan angin tersebut berkisar 5-10 knots disertai kondisi cuaca berawan hingga hujan dengan intensitas ringan," katanya.

Menurut Januar, angin di atas perairan selatan Papua pada umumnya bertiup dari arah tenggara hingga barat laut dengan kecepatan 15-30 knots disertai kondisi cuaca berawan hingga hujan dengan intensitas sedang.

"Selain itu, gelombang maksimum dengan tinggi mencapai 2-3 meter juga berpeluang terjadi di perairan Fak-Fak, Kaimana, perairan Yos Sudarso dan perairan Agats, Amamapare," ujarnya.

Dia menuturkan, untuk wilayah perairan Samudera Pasifik utara Papua Barat, Raja Ampat-Sorong, Fakfak-Kaimana, Samudera Pasifik utara Biak, utara Manokwari, Biak, Teluk Cenderawasih, Samudera Pasifik utara Jayapura keadaan cuaca diprediksi hujan.

"Cuaca hujan juga diprediksi terjadi di perairan Jayapura-Sarmi, Agats-Amamapare, Yos Sudarso, Merauke dan Laut Arafuru bagian timur," katanya lagi.

Dia menambahkan, adanya awan gelap atau cumulonimbus di lokasi tersebut dapat menimbulkan angin kencang dan menambah tinggi gelombang. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,