Polda Jabar Tangkap Tiga Warga Negara Nigeria

Polda Jabar Tangkap Tiga Warga Negara Nigeria

Polda Jabar Tangkap Tiga Warga Negara Nigeria

Bandung - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Barat menangkap tiga warga negara Nigeria karena diduga terlibat kasus penipuan secara "online" melalui jejaring media sosial.

"Tim Reskrim Khusus mengungkap kasus penipuan secara 'online' melalui jejaring media sosial dengan empat tersangka, tiga di antaranya berkewarganegaraan Nigeria," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompul di Bandung, Selasa (21/10/2014).

Ia menyebutkan empat tersangkan ditangkap pada Jumat(10/10/2014) tengah malam di sebuah apartemen di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Tiga warga negara Nigeria yang ditangkap itu adalah AFO, OTG dan ORA, serta seorang wanita WNI bernama NJK.

Keempat tersangka saat ini mendekam di tahanan Mapolda Jabar di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung.

Kabid Humas Polda Jabar menyebutkan modus operandi yang digunakan para tersangka adalah dengan cara berkenalan dengan calon korbannya melalui jejaring media sosial dengan akun Nigel Frank yang dilakukan AFO alias WIL.

Dalam perkenalan itu tersangka memberikan suatu hadian kepada korban, dimana hadiah tersebut akan diberikan kepada korban.

Kemudian hadiah tersebut ditahan di kantor jasa pengiriman barang, dan meminta uang denda kepada korban sebesar Rp 267 juta serta denda itu ditransfer ke dua rekening bank nasional.

"Dari hasil pemeriksaan terhadap ponsel tersangka AFO tidak beroperasi sendirian, namun ada keterlibatan tiga tersangka lainnya, dimana ada SMS pemberitahuan mengenai transfer dari korban," katanya.

Dua di antaranya OTG dan NKH mengaku pegawai perusahaan jasa pengiriman.

Atas perbuatannya, kata Kabid Humas Polda Jabar, para tersangka diancam Pasal 28 Ayat (1) dan Pasal 45 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE, serta Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal enam tahun penjara, dan atau denda maksimal Rp 1 miliar. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:bandung,