Hanya untuk Beli Gehu, PSK Saritem pun Ngutang

Hanya untuk Beli Gehu, PSK Saritem pun Ngutang

Ilustrasi.(Foto:Net)

SIAPA nyana ternyata upaya penyegelan yang dilakukan terhadap rumah-rumah yang dijadikan sebagai tempat prostitusi di Saritem, banyak menimbulkan persoalan. Dari mulai dampak psikologis yang bersinggungan dengan pihak keamanan, hingga dampak sosiologis yang berbenturan dengan masyarakat di sekitar lokalisasi.

 
Salah satu persoalan yang muncul, banyak pedagang di wilayah tersebut yang mengeluh kalau hampir rata-rata PSK punya hutang dan belum dibayar sampai saat mereka diciduk aparat keamanan. Keluhan para pedagang yang merupakan warga setempat itu, disampaikan pada saat Walikota Bandung, Ridwan Kamil melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke wilayah itu, Jumat siang (29/5/2015).
 
Dalam sidak tersebut, Walikota Bandung  didampingi Kapolrestabes Bandung Kombes Pol. A.R. Yoyol, Kasatreskrim M.Ngajib, Camat Kebonjeruk Cecep Rusmana, dan ratusan personel polisi.

Terungkapnya kasus hutang PSK kepada para pedagang tersebut, saat Emil --panggilan akrab Ridwan Kamil--- menggelar mediasi dengan warga di Aula Pesantren Daruttaubah usai dirinya berkeliling melihat kondisi Saritem pasca disegel aparat keamanan.
 
Selama hampir setengah jam Emil mendengar keluhan warga Saritem. Siti Hasanah (42), seorang pedagang menuntut solusi untuk dirinya. Dia mengeluh banyak dihutangi oleh PSK Saritem. Apalagi pasca penyegelan, PSK yang berhutang padanya, banyak yang melarikan diri.

"Untuk beli gehu (toge-tahu, red) saya aja, mereka enggak ada yang kontan. Setelah penyegelan saya bingung menagihnya kemana," keluh Siti kepada orang nomor satu di Kota Bandung tersebut.

Menanggapi hal itu, Walikota Bandung menyarankan agar para pedagang untuk membuat rincian kerugiannya. Emil meminta agar mereka membuat daftar kerugian dan melampirkannya ke RT/RW setempat.

"Saya kasih waktu 5 hari untuk membuat daftarnya, dengan catatan harus jujur. Jangan bohong! Mun bohong nanti pasti kanyahoan, pasti nanti dimodalan ku Pak Wali," ungkap Emil. 
 
Jadi ketahuan deh, kalau hanya untuk membeli gehu saja, ternyata banyak PSK Saritem yang ngutang. Ada-ada saja. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:,