17 Migran Tewas di Atas Kapal di Lepas Pantai Libya

17 Migran Tewas di Atas Kapal di Lepas Pantai Libya

Roma - Angkatan Laut Italia telah menemukan 17 migran tewas di satu kapal di lepas pantai Libya dan menyelamatkan sebanyak 217 orang dari tempat yang sama, demikian laporan lokal pada Jumat malam.

Angkatan Laut Italia mencapai perahu tersebut setelah tanda bahaya disebarkan oleh migran dengan menggunakan telepon satelit, kata kantor berita Italia, ANSA.

Perahu itu tidak terbalik dan semua migran tewas karena sebab yang tak diketahui, kata ANSA. Ditambahkannya, para penyintas akan ditanya oleh polisi Italia secepatnya untuk berusama memastikan penyebab kecelakaan tersebut.

Kematian pada Jumat adalah yang paling akhir dari serangkaian tragedi migran yang menurut Komisariat Tinggi PBB Urusan Pengungsi (UNHCR) membuat sebanyak 3.500 orang Afrika tahun lalu kehilangan nyawa mereka dalam upaya menyeberangi Laut Tengah untuk sampai ke Italia, yang dipandang sebagai gerbang ke Eropa.

Beberapa sumber di Kementerian Dalam Negeri Italia belum lama ini telah mengatakan sebanyak 33.000 migran telah tiba di Italia sampai awal Mei 2015, atau 15 persen lebih banyak dibandingkan dengan migran yang datang selama priode yang sama tahun lalu, kata Xinhua --yang dipantau di Jakarta, Sabtu siang (30/5/2015)

Itu berarti sebanyak 200.000 migran dapat mendarat di Italia selama 2015, jauh lebih banyak dibandingkan 170.000 migran yang datang tahun lalu sehingga menambah para kondisi darurat di pusat pengungsi yang sudah kebanyakan penghuni di negeri tersebut.

Pemerintah Italia, pimpinan Perdana Menteri Matteo Renzi, kembali telah menyerukan agar upaya terarah di Libya dilaksanakan di tingkat Eropa dalam kerangka kerja hukum internasional guna menangani kondisi darurat imigran gelap. (AY)

.

Categories:Internasional,
Tags:,