Rio Ferdinand Pensiun dari Sepak Bola

Rio Ferdinand Pensiun dari Sepak Bola

London - Mantan bek Inggris dan Manchester United Rio Ferdinand mengumumkan pensiun dari sepak bola pada Sabtu (30/5/2015) setelah dibebaskan oleh Queens Park Rangers.

Pemain belakang tengah berusia 36 tahun itu telah meraih 81 caps dan memenangkan enam gelar Premier League, Liga Champions, dua Piala Liga dan Piala Dunia Klub selama 12 tahun bersama Manchester United di mana ia membuat lebih dari 400 penampilan.

Ferdinand, yang istrinya Rebecca meninggal karena kanker bulan ini, membuat 12 penampilan pada musim lalu untuk QPR setelah bergabung dengan status bebas transfer dari United namun dibebaskan setelah klub London Barat itu terdegradasi dari Liga Premier.

"Setelah 18 tahun sebagai pemain sepak bola profesional, sekarang saya merasa kini adalah waktu yang tepat bagi saya untuk pensiun dari permainan yang saya cintai," kata Ferdinand kepada BT Sport.

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih dan menghormati istri saya Rebecca dan keluarga saya, termasuk ibu dan ayah, untuk pengorbanan mereka, dorongan dan saran mereka sepanjang karir saya."

 
Ferdinand memulai karirnya dengan West Ham United dan juga bermain untuk Leeds United sebelum bergabung dengan Manchester United dengan biaya transfer 29.100.000 pound (44.490.000 dolar AS) pada tahun 2002 sehingga ia menjadi pemain termahal di sepak bola Inggris pada saat itu.

Ferdinand mengatakan dia akan melihat kembali karirnya di Inggris "dengan rasa bangga yang besar" dan ia memuji mantan bos Manchester United Alex Ferguson yang akan "selalu menjadi manajer terbesar dalam sejarah sepak bola Inggris." 
 
"Sebagai anak 12 tahun, menendang di sekitar sepak bola di Biara Estate di Peckham, saya tidak pernah bermimpi bahwa saya akan bermain untuk klub muda saya West Ham, kapten Leeds United, memenangkan Liga Champions bersama Manchester United, atau bergabung kembali bersama manajer pertama saya Harry Redknapp di Queens Park Rangers," katanya.

"Memenangkan trofi di Manchester United memungkinkan saya untuk mencapai segala sesuatu yang saya inginkan dalam sepak bola. Dari semasa muda hingga saat ini, itu semua tentang hal yang saya peduli.

"Tidak ada yang mungkin terjadi, tanpa satu orang jenius, Sir Alex Ferguson.

"Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada semua penggemar dari seluruh klub -. Karena tanpa mereka sepak bola profesional tidak akan ada. Saya akan kehilangan masing-masing dari anda pada Sabtu sore." (AY)
.

Categories:Sepak bola,
Tags:,