Indonesia sebagai Negara Ke-12 yang Disanksi FIFA

Indonesia sebagai Negara Ke-12 yang Disanksi FIFA

Zurich  - Sebagai hasil dari perseteruan antara PSSI dan Kemenpora yang berbuntut pada pembekuan PSSI, karena Kemenpora tidak mengakui segala bentuk aktivitas yang diselenggarakan oleh PSSI, termasuk pada semua level kompetisi. 
 
Hal itulah yang jadi landasan kuat bagi FIFA untuk menjatuhkan sanksinya, karena bentuk intervensi pemerintah lewat Kemenpora. Alhasil, Indonesia menjadi negara ke-12 yang dijatuhi sanksi oleh federasi sepakbola tertinggi di dunia itu. 

Berikut negara-negara yang pernah dijatuhi sanksi FIFA:

1. Yunani - Asosiasi Sepakbola Yunani, HFF, dijatuhi sanksi oleh FIFA akibat intervensi pemerintah. FIFA menjatuhkan sanksi untuk Yunani tertanggal 3 Juli 2006. Usai memiliki undang-undang olahraga baru, sanksi untuk Yunani akhirnya dicabut 3 hari kemudian, tanggal 7 Juli 2006.

2. Iran - FIFA menjatuhkan sanksi kepada Federasi Sepakbola Iran IRIFF, tanggal 23 November 2006. Sanksi diberikan karena campur tangan pemerintah terkait Pemilihan Umum Federasi. Setelah dilakukan pemilihan ulang, FIFA kemudian mencabut sanksinya kepada IRIFF tanggal 20 Desember 2006.

3. Kenya -  Sebuah negara di Afrika, Kenya juga adalah salah satu negara yang pernah dijatuhi sanksi oleh FIFA karena intervensi pemerintah. Kenya dijatuhi hukuman selama 5 bulan, periode 25 Oktober 2006 hingga 9 Maret 2007.

4. Kuwait - Campur tangan pemerintah Kuwait dalam pemilihan ketua umum dan anggota Federasi Sepakbolanya (KFA), membuat negara ini juga tak luput dari sanksi FIFA. Kuwait menjalani hukuman dari FIFA periode 30 Oktober 2007 hingga 3 Juni 2009.

5. Ethiopia - Majelis umum Ethiopia memecar Presiden Federasi sepakbola Ethiopia (EFF), Ashebir Woldegiorgis. Hal itu berujung pada jatuhnya sanksi FIFA pada Ethiopia tertanggal 29 Juli 2008 hingga 18 Juli 2009.

6. Madagaskar - Asosiasi Sepakbola Madagaskar FMF, dibubarkan oleh pemerintahnya. Padahal pihak Mahkamah Agung Madagaskar tidak memuluskan langkah tersebut. Akhirnya, FIFA pun dengan tegas memberi hukuman per tanggal 25 November hingga 20 Desember 2008.

7. Peru - Serupa dengan Indonesia, kisruh Federasi Sepakbola Peru dengan pemerintah berujung jatuhnya sanksi FIFA. Peru menjalani sanksi FIFA per tanggal 25 November hingga 20 Desember 2008.

8. Brunei Darussalam - 
Sedikitnya selama dua tahun Brunei Darussalam mendapat hukukan sanksi dari FIFA. Ini merupakan konsekuensi karena pemerintah Brunei Darussalam membubarkan federasi lama (BAFA) dan membentuk FABD sebagai federasi baru. Usai membentuk kepengurusan baru (NFABD), FIFA pun akhirnya mencabut sanksinya. Brunei mendapat hukuman dari FIFA sejak 30 September 2009 hingga 30 Mei 2011.

9. Irak - Komite Olimpiade Irak memmbubarkan Federasi Sepakbola Irak (IFA), ini berujung pada sanksi FIFA tanggal 20 November 2009. Permasalahan baru bisa dipecahkan empat bulan berselang, sampai akhirnya FIFA mencabut sanksi tanggal 19 Maret 2010.

10. Nigeria - Nigeria adalah negara yang dua kali mendapat sanki dari FIFA. Ini juga merupakan konsekuensi intervensi pemerintah Nigeria terhadap Asosiasi Sepakbola Nigeria (NFF). FIFA menjatuhkan sanksi pertama tanggal 4-8 Oktober 2008. Kemudian Nigeria kembali mendapat sanksi tanggal 9-19 Juli 2014.

11. Kamerun - Kamerun jadi negara Afrika ke-3 yang mendapat sanksi dari FIFA. Seperti negara lainnya, FIFA menjatuhkan sanksi pada Kamerun dengan penyebab yang sama. Sanksi dijatuhkan FIFA pada Kamerun bulan Juni 2013.

12. Indonesia - Indonesia adalah negara ke-12 yang dijatuhi sanksi FIFA, akibat konfilik PSSI dan Kemenpora. FIFA menjatuhi sanksi kepada Indonesia tanggal 30 Mei 2015 hingga batas waktu yang tidak ditentukan. (Jr.)**
.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,