Ribuan Warga Bogor Ikuti 'Lomba Mulung Sampah'

Ribuan Warga Bogor Ikuti 'Lomba Mulung Sampah'

Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) dan Pemerintah Kota Bogor kembali menggelar "Lomba Mulung Sampah" ke-7, yang diikuti hampir 2.000 peserta.(Net)

Bogor - Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) dan Pemerintah Kota Bogor kembali menggelar "Lomba Mulung Sampah" ke-7, yang diikuti hampir 2.000 peserta. Mereka berhasil mengangkat sampah anorganik hingga 2.500 karung dari Sungai Ciliwung.

Lomba sebagai agenda tahunan ini digelar dalam rangkaian acara Hari Jadi Kota Bogor ke-533. Walikota Bogor Bima Arya mengingatkan pentingnya sinergi berbagai pihak, dalam memperbaiki kondisi Sungai Ciliwung. 

"Kalau Pemkot saja tidak sanggup, tidak cukup, tenaganya terbatas, harus didorong oleh warga. Ini tanggung jawab kita semua," kata Bima, Minggu (31/5/2015). 

Sementara itu, Koordinator Lomba Mulung Ciliwung ke-7 M. Muslich mengatakan, KPC sangat antusias melihat respon warga Bogor yang semakin baik dan ingin beraksi nyata untuk Ciliwung. "Kami  berharap apa yang kita lakukan di Bogor bisa menginspirasi dan memicu sinergi, dan komitmen lebih dari multipihak untuk memulihkan Ciliwung. Serta mewujudkan cita-cita kita akan Sungai Ciliwung yang bersih, berair bening, dan sejuk," katanya. 

Dalam kaitan itu, sebanyak 350 relawan membantu pelaksanaan Lomba Mulung Ciliwung yang datang dari luar Kota Bogor, seperti Depok dan Jakarta. Lomba Mulung Sampah Ciliwung diikuti 13 kelurahan dari hulu Bendungan Katulampa hingga ke hilir di Kelurahan Sukasari. Lomba Mulung Ciliwung ditutup dengan hasil Kelurahan Tanah Sareal memperoleh 3.292 poin, Kelurahan Sempur 2.054 poin, dan Kelurahan Kedung Halang 1.907 poin. 

Kriteria penilaian dalam Lomba Mulung Ciliwung adalah jumlah warga yang berpartisipasi, jumlah karung yang berhasil diangkat, dan kreatifitas warga pada saat lomba mulung. Penyerahan hadiah dan Piala Bergilir Ciliwung Bersih secara resmi oleh Walikota Bogor, yang akan diselenggarakan pada Rapat Paripurna 3 Juni mendatang. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:daerah,