Daftar Non-Akademis, Yuk Siapkan Persyaratan

Daftar Non-Akademis, Yuk Siapkan Persyaratan

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Bagi siswa yang akan mendaftar ke SMA/SMK melalui jalur nonakademis, sebaiknya mulai mempersiapkan berbagai persyaratannya. Pendaftaran nonakademis untuk tingkat SMA/SMK di Kota Bandung akan mulai dilaksanakan, Senin 1 Juni 2015 besok.
 
"Ada dua jalur nonakademis yakni jalur afirmasi atau keberpihakan, yakni untuk jalur yang tidak mampu serta jalur prestasi. Dan itu akan mulai dibuka besok tanggal 1 Juni di sekolah masing-masing,” ujar Kasi Kurikulum SMA Kota Bandung, Supanda, yang dihubungi, Minggu (31/5/2015).
 
Dikatakan,  jalur afirmasi dan prestasi akan dibuka mulai tanggal 1-9 Juni, kemudian akan diseleksi pada tanggal 1-11 Juni. Hasil seleksi akan diumumkan tanggal 12 Juni dan tanggal 13 Juni akan diumumkan hasil kedua jalur tersebut.
 
Menurut Supanda, jalur nonakademis dari afirmasi yakni jalur untuk siswa miskin  secara ekonomi, yatim, yatim piatu, warga dengan Mou, serta warga yang dilindungi undang-undang yang berlaku. Sedangkan jalur apresiasi prestasi diperuntukkan bagi siswa yang memiliki prestasi bidang Iptek, seni dan olahraga
 
Untuk jalur tersebut syarat yang harus dipersiapakan siswa, yakni foto copy Akte lahir, fotocopy KTP orangtua, fotocopy kartu keluarga, surat keterangan tanggung jawab mutlak orangtua, surat hasil ujian SMP/MTs menyertakan SKTM/MoU bagi siswa afirmasi, dan surat keterangan prestasi bagi siswa berprestasi. Yakni sertifikat prestasi tertinggi yang sudah dilegalisir.
 
"Pada saat mendafatar harus memperlihatkan semua persyataran yang asli kepada panitia, semua surat-surat itu tidak perlu dilegalisir. Sedangkan untuk keterangan surat kelulusan SMP/MTs bisa menyusul, karena memang belum diumumkan hasilnya. Untuk formal keterangan tanggung jawab mutlak orangtua sudah disediakan formatnya di sekolah,” tambahnya.  (Jr.)**
.

Categories:Pendidikan,
Tags:,