Awas Kikil Berformalin Beredar di Bogor

Awas Kikil Berformalin Beredar di Bogor

Ilustrasi.(Net)

Bogor - Kepolisian Resor Bogor Kota mengerahkan jajarannya untuk mengantisipasi peredaran kikil (kulit sapi) mengandung bahan kimia pemutih di wilayah hukum setempat menyusul diamankannya pedagang kikil berformalin di wilayah Sukaraja.

"Anggota sudah diinstrusikan untuk melakukan pengawasan di lapangan sebagai antisipasi penyebaran kikil menggunakan bahan kimia pemutih," kata Kapolres Bogor Kota AKBP Irsan, di Bogor, Minggu (31/5/2015).

Kapolres mengatakan jajaran Polres Bogor Kota akan berkoordinasi dengan Polsek Sukaraja yang telah melakukan penangkapan terhadap pedagang kikil berbahan kimia pemutih di wilayahnya.

Menurut Kapolres, menjelang Ramadhan tindak gangguan keamanan dan ketertiban kerap terjadi, baik peredaran makanan mengandung bahan berbahaya, uang palsu hingga penyakit masyarakat seperti minuman keras, prostitusi, perjudian dan balap liar.

"Kami telah menyiapkan tim untuk menghadapi bulan Ramadhan, Ada intel yang kita sebar melakukan operasi pasar tertutup untuk mengawasai lapangan, jika ada model-model gangguan kamtibmas seperti itu, kami lakukan upaya antisipatif," katanya.

Secara terpisah, Kepolisian Sektor Sukaraja mengamankan sejumlah bahan kimia yang digunakan sebagai pelembut dan pemutih di salah satu rumah memproduksi kikil di Kampung Mandalasari, Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Kapolsek Sukaraja Kompol Hida Tjahyono menyebutkan penemuan tersebut terungkap berdasarkan laporan dari masyarakat. Pihaknya langsung bergerak untuk melakukan penindakan dengan mengamankan sejumlah barang bukti.

"Kami mengamankan dua karung tawas, tiga jerigen berisi cairan kimia H202 (Hydrogen Perioxide), sampling air rendaman kikil dan beberapa gulung kikil kering," kata Hida.

Selain mengamankan beberapa barang bukti, pihaknya juga sudah memeriksa dua pemilik rumah serta pekerja yang memproduksi kikil dengan menggunakan bahan kimia yang dicurigai berbahaya.

"Kami masih menunggu hasil uji laboratorium dan BPOM, apakah bahan kimia yang digunakan oleh penjual kikil ini aman digunakan untuk kesehatan atau tidak," kata Hida. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:kriminal,