Alun-alun Blitar 'Memerah' Peringati Hari Lahir Pancasila

Alun-alun Blitar 'Memerah' Peringati Hari Lahir Pancasila

Massa PDIP ikuti peringatan Hari Lahir Pancasila di Blitar, Jawa Timur (Liputan6.com/ Audrey Santoso)

Blitar - Ribuan kader PDI Perjuangan (PDIP) "memerahkan" Kota Blitar. Simpatisan partai berlambang banteng moncong putih itu tumpah ruah di Alun-alun Kota Blitar, dengan berpakaian merah hadir untuk memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni.
 
"Mereka yang hadir adalah kader dan simpatisan dari Kabupaten atau Kota di Pulau Jawa," kata Joni, simpatisan PDIP Kabupaten Blitar, Senin (1/6/2015). Ribuan massa PDIP berdatangan sejak pukul 07.00 WIB. Setiap rombongan mengusung papan nama yang bertuliskan daerah masing masing.
 
Puncak peringatan hari lahir Pancasila kali ini akan dihadiri sejumlah pejabat negara dan politisi partai politik. Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri, hadir bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani. Selain itu, Pimpinan MPR RI serta mantan Wakil Presiden, Boediono juga hadir. Kemudian, hadir pula Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa.
 
Presiden Jokowi yang beberapa waktu lalu kabar kedatangannya masih simpang siur, akhirnya dipastikan akan hadir. Saat ini, rombongan Jokowi masih dalam perjalanan menuju Kota Blitar.  "Ini adalah yang pertama kalinya dalam sejarah. Semua pejabat negara hadir untuk memperingati Hari Lahir Pancasila di Blitar," katanya.
 
Sebagai persiapan acara, Jalan protokol Merdeka Kota Blitar untuk hari ini ditutup. Sementara itu, alun-alun dan sekitar kantor Pemkot Blitar yang biasanya ramai oleh pedagang kaki lima, hari ini disterilkan. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,