Pemerintah Malaysia Tolak Usulan Kenaikan Gaji TKI

Pemerintah Malaysia Tolak Usulan Kenaikan Gaji TKI

Kuala Lumpur - Pemerintah Malaysia dengan tegas menolak proposal yang diajukan oleh pemerintah Indonesia, untuk menaikkan gaji Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Negeri Jiran.
 
Dilansir Astro Arwani, Senin (1/6/2015), dalam proposalnya pemerintah Indonesia meminta kenaikan gaji TKI hingga 1.200 Ringgit Malaysia, atau setara dengan Rp 4,3 juta per bulan. Namun Kementerian Sumber Daya Manusia Malaysia menolaknya.
 
Pemerintah Malaysia beralasan standar gaji di negerinya hanya 900 Ringgit Malaysia, atau setara dengan Rp 3,2 juta per bulan, sehingga usulan gaji dari pemerintah Indonesia dianggap terlalu tinggi.
 
Padahal, sebelumnya standar gaji para TKI di Malaysia 700 Ringgit Malaysia atau setara dengan Rp 2,5 juta rupiah. Jumlah tersebut  jelas sangat rendah untuk memenuhi kebutuhan hidup TKI di Malaysia. Belum lagi jika mereka harus mengirimkan uang kepada keluarganya di Indonesia.
 
Pemerintah Indonesia mengatakan, dengan gaji sebesar 1.200 Ringgit Malaysia akan meningkatkan kinerja para TKI untuk dapat bersaing dengan pekerja dari negara lain. Saat ini diperkirakan ada ribuan TKI resmi yang mengadu nasib di Malaysia,dan diperkirakan akan bertambah jika TKI ilegal diikutsertakan. Sayangnya, mayoritas dari para TKI bekerja di sektor pekerja kasar, seperti pembantu rumah tangga, kuli bangunan, dan buruh pabrik.(Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,