Sejumlah Organisasi Kemahasiswaan Protes Kinerja Walikota

Sejumlah Organisasi Kemahasiswaan Protes Kinerja Walikota

Gerakan Aktivis Kampus Demo di Balaikota .(Foto:Putri)

Bandung - Lembaga Himpunan Mahasiswa Islam ( HMI) dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Pengurus Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Indonesia (PMKRI) serta Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) menggelar aksi demo di depan Balai Kota, Bandung. Senin (1/6/2015).

Ketua HMI, Achyar Al Rasyid mengatakan bahwa dalam demo ini mereka ingin menyuarakan bagaimana sebenarnya tingkat kebutuhan dasar masyarakat. Terutama soal kemiskinan, pendidikan dan kesehatan.

Achyar menyebutkan bahwa dirinya hanya melihat perubahan berupa taman, investasi dan juga indeks kebahagiaan saja dan hal ini tentunya menjadi suatu pertanyaan bagi lembaga yang mengadakan aksi demo ini.

" Kita tidak pernah banyak mendengar Emil berbicara hak tersebut. Emil hanya banyak bicara tentang investasi infrastruktur, taman, dan juga indeks kebahagiaan yang selalu dia sebut-sebut," ujarnya saat ditemui di depan Balaikota. 

Achyar menegaskan bahwa yang dibutuhkan oleh masyarakat Bandung adalah mengenai investasi moral selain investasi fisik.

"Ada masyarakat miskin lapar datang ke taman film mereka seneng, tapi balik lagi ke rumah lapar lagi susah lagi dia," paparnya.

Demo ini mempertanyakan bagaimana langkah walikota untuk meminimalisir ketimpangan ekonomi di Kota Bandung. Achyar menjelaskan dari data BPS 2013 bahwa saat ini pertumbuhan ekonomi Kota Bandung selalu di atas pertumbuhan ekonomi nasional, tapi tingkat konsumsi rumah tangga selalu di bawah. 

"Sebagian besar pertumbuhan ekonomi Kota Bandung dinikmati oleh warga luar Kota Bandung. Banyak pendatang yang datang ke sini," ujarnya

Achyar juga menyebutkan bahwa di Bandung tidak ada titik fokus, sehingga lama kelamaan warga Bandung asli akan terpinggirkan.(Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:demo,