JPU Kejagung Ajukan Kasasi Kasus Yance

JPU Kejagung Ajukan Kasasi Kasus Yance

Beginilah pengamanan Yance pasca sidang pembebasannya. (Foto : ADE/CikalNews)

Bandung – Vonis bebas yang diberikan hakim Marudut Barkara kepada Yance mantan Bupati Indramayu, dianggap Jaksa Penuntut Umum Kejagung sudah melewati proses hukum. Namun demi tegaknya keadilan pemberantasan korupsi, tim JPU akan mengajukan kasasi.

 

Menurut Jaksa Penuntut Umum, Sarjono Turin, vonis yang diberikan hakim tetap dihormati. Namun JPU akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung, karena merasa ada yang diuntungkan atas kasus Yance di pembangunan PLTU Sumuradem.

 

“Kami yakin ada pihak yang merasa diuntungkan atas kasus korupsi pembangunan PLTU Sumuradem di Kabupaten Indramayu. Yance tidak menguntungkan diri sendiri tetapi menguntungkan orang lain yaitu Agung Riyoto yang terpidana 4 tahun,” kata Sarjono Turin di Pengadilan Tipikor Bandung, Jl. RE. Martadinata, Kota Bandung, Senin (1/6/2015).

 

Ia menyatakan vonis bebas yang diberikan kepada Yance berbeda jauh dari vonis tuntutan JPU yang menuntutmya dihukum 1,8 tahun.

 

“Sebelumnya Yance oleh JPU dituntut 1,8 tahun dengan membayar denda Rp 200 juta dengan subsider 6 bulan, namun kini bebas,” tegasnya.

 

Vonis bebas Yance secara murni disambut sorak sorai pendukungmya yang menginginkan beliau bebas, dan kembali duduk di kursi DPRD Jawa Barat. Ratusan massa hingga sidang usai masih berkerumun di Pengadilan Tipikor Bandung, meski Yance sudah pergi meninggalkan pengadilan. Mereka menuntut Yance bisa dibebaskan hari ini juga. (AY)

.

Categories:Bandung,