Peringati Waisak Diwarnai 7 Teratai di Kanal Nhieu Loc

Peringati Waisak Diwarnai 7 Teratai di Kanal Nhieu Loc

Peringati Waisak Diwarnai 7 Teratai di Kanal Nhieu Loc

Ho Chi Minh - Lain negara lain pula perayaan yang dilakukan oleh masyarakatnya, dalam rangka menyambut Hari Raya Waisak. Di Indonesia, perayaan dipusatkan di Candi Borobudur, Magelang, sedangkan di Vietnam melakukannya dengan cara yang berbeda.
 
Dilansir dari Tuoitrenews, Senin (1/6) sepertinya ada sentuhan berbeda dalam menyambut hari Waisak di Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Tujuh teratai berukuran cukup besar dinyalakan kembali selama seminggu sebagai rangkaian kegiatan memperingati hari Waisak tahun ini. Ketujuh teratai itu mulai dinyalakan selama satu pekan sejak Senin, (25/5) lalu hingga Senin (1/6).
 
Selain untuk menyambut hari raya Waisak, penyalaan ketujuh teratai tersebut juga dimaksudkan untuk menyambut wisatawan yang datang ke negara ini. Sementara hari lahirnya, pencerahannya, serta meninggalnya Buddha memang merupakan festival tahunan yang dikenal dengan Buddha Day di Vietnam.
 
Hari Waisak juga dijadikan libur nasional di beberapa negara yang memiliki umat Buddha, seperti Sri Lanka, Nepal, Tibet, India, Vietnam, termasuk Indonesia. Biara Quan Am yang terletak di Phu Nhuan Kota Ho hi Minh mengadakan upacara yang begitu khidmat untuk memulai menyalakan tiga bunga teratai besar yang mengapung di Nhieu Loc Canal.
 
Lepas dari perayaan hari Waisak, teratai-teratai itu merupakan pengingat kesadaran warga untuk selalu menjaga saluran air agar tetap bersih, sekaligus membuat lingkungan tetap hijau hingga bertahun-tahun ke depan.
 
Sementara Kanal Nhieu Loc itu sendiri memanjang melewati Distrik 1, Distrik 3, Distrik Phu Nhuan, Distrik Binh Thanh, dan Distrik Tan Binh. Pembangunan kanal ini telah dimulai sejak tahun 1993, yang diharapkan selesai pada 2020.
 
Pembangunan itu bertujuan untuk menyeimbangkan alam dari polusi. Selain untuk merayakan Waisak, tujuh bunga teratai besar yang menyala di kanal itu  juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran warga, untuk memastikan saluran yang dihidupkan kembali akan tetap bersih dan hijau selama bertahun-tahun yang akan datang. 
 
Pada tahun ini merupakan tahun ketiga Biara Quan Am, dengan menempatkan tujuh teratai besar mengapung di kanal dalam kesempatan yang sama. Pendeta biara juga telah melepaskan ikan ke dalam kanal itu.
 
Untuk memperingati hari Waisak, Kota Ho Chi Minh juga akan mengadakan pameran bertajuk “Buddhism Cultural Exhibition Week” mulai dari hari Minggu hingga Selasa. Pameran yang berlangsung di Vietnam Quoc Tu (Pagoda Nasional Vietnam) akan memamerkan 400 artefak, foto dan lukisan tentang peristiwa besar umat Buddha selama 50 tahun terakhir.  (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:budaya,