Budi Waseso Tolak Laporkan Harta Kekayaan

Budi Waseso Tolak Laporkan Harta Kekayaan

Kabareskrim Mabes Polri Budi Waseso

Jakarta-Pernyataan Kabareskrim Mabes Polri Budi Waseso yang mengatakan tidak mau mengisi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) mengundang banyak reaksi.
 
Budi mengatakan tidak akan melaporkan harta kekayaannya ke KPK dan malah meminta KPK sendiri untuk menelusuri harta kekayaan yang dimilikinya agar lebih obyektif.
“Saya tidak mau melaporkan, suruh KPK sendiri yang mengisi,” kata Budi.
 
Dia pun berdalih, tindakannya untuk tidak melaporkan LHKPN bukanlah tindak pidana.
Sikap Budi Waseso ini didukung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menyebutkan tidak masalah apabila Kabareskrim tidak melaporkan harta kekayaannya karena dia merupakan sosok sederhana dan tidak terlalu bermasalah.
 
Kalla juga menyebutkan Budi Waseso pernah melaporkan harta kekayaannya kepada KPK ketika menjabat sebagai Kapolda Gorontalo.
Sikap Budi Waseso ini dinilai sejumlah kalangan tidak sesuai dengan upaya Presiden Joko Widodo untuk mencegah dan memberantas korupsi yang terwujud dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2015.
 
Apalagi dalam salah satu butir Inpres tersebut disebutkan bahwa pimpinan Polri harus memastikan kewajiban pelaporan LHKPN oleh anggotanya terlaksana optimal.
 
Kendati demikian, baik Inpres No.7 Tahun 2015 maupun UU No. 28 tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme tidak menyebutkan sanksi hukum bagi pejabat negara yang melanggarnya. Mereka yang tidak mengusu LHKPN hanya diberi sanksi administratif dari atasan seperti dilansir BBC.(Ode)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,