DPC SPN Cimahi Buka Pengaduan THR

DPC SPN Cimahi Buka Pengaduan THR

Cimahi - DPC Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kota Cimahi membuka posko pengaduan para buruh tentang permasalahan tunjangan hari raya (THR) Idul Fitri dari perusahaan tempatnya bekerja.

"Menjelang puasa ini membuka posko pengaduan permasalahan THR sebagai advokasi organisasi kami atas permasalahan tersebut," kata Ketua DPC SPN Kota Cimahi Dadan Sudiana kepada wartawan di Cimahi, Selasa (2/6/2015).

Ia menuturkan, menjelang hari raya seringkali muncul persoalan tentang pemberian THR dari perusahaan kepada pekerjanya.

Persoalan itu, kata dia, diantaranya tidak tepat waktu atau perusahaan seringkali memecat pekerjanya menjelang hari raya untuk menghindari pembayaran THR.

"Pada umumnya perusahaan itu adalah perusahaan yang tidak memiliki serikat pekerja, setiap tahun kami selalu menerima laporan mengenai hal ini (pemecatan)," katanya.

Ia mengatakan, persoalan THR itu menjadi perhatian serius bagi organisasinya sebagai wujud memperjuangkan hak kaum buruh.

"Makanya kami akan lebih aktif dalam menjaring informasi di lapangan agar kaum pekerja tidak menjadi korban," katanya.

Ia menjelaskan, alasan membuka posko itu sebagai media bagi kaum buruh untuk menyampaikan persoalannya tentang hak mendapatkan THR yang sesuai aturan.

Selama ini , kata dia, banyak buruh tidak berani melapor atau mengadukan persoalan THR kepada perusahaannya karena tidak punya organisasi pekerja untuk melindunginya.

"Untuk itu kami siap perjuangkan dan adukan perusahaan nakal kepada dinas terkait," katanya.

Ia menambahkan, sesuai aturan pemberian THR harus dilakukan oleh perusahaan tujuh hari sebelum hari raya Idul Fitri.

Pihaknya mendesak pemerintah daerah untuk aktif mengawasi atau menindak tegas perusahaan yang melanggar aturan dalam masalah pemberian THR.

"Pemerintah harus bertindak tegas terhadap perusahaan nakal karena THR merupakan hak pekerja yang dilindungi undang-undang," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,