Buang Sampah Sembarangan, Pelayanan Kesehatan Gratis Raib

Buang Sampah Sembarangan, Pelayanan Kesehatan Gratis Raib

Ilustrasi.(Foto:Net)

Purwakarta - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengancam tidak akan memberikan pelayanan kesehatan gratis, jika ada warganya yang membuang sampah sembarangan.

Menurutnya, selama ini pemerintah selalu berusaha memenuhi kebutuhan dasar warganya di bidang kesehatan hingga pendidikan.

"Tapi harus fair, warganya juga jangan seenaknya, buang sampah sembarangan lalu sampahnya jadi sumber penyakit, warganya jadi sakit lalu pemerintah biayai gratis pengobatannya, kan enggak bisa gitu juga. Makanya, kalau masih ada yang buang sampah sembarangan, saya tak segan-segan tak akan beri pengobatan gratis," ujar Dedi di Purwakarta, Kamis (4/6/2015).

Kebijakan penjatuhan sanksi itu, kata Dedi, akan dilaksanakan oleh Majelis Pengelolaan Sampah yang akan dibentuk dari level RT hingga kelurahan.

"Tugasnya untuk mengawasi sikap warganya agar tidak buang sampah sembarangan. Dalam waktu dekat ini kami akan segera bentuk Majelis Pengelolaan Sampah," ujar Dedi.

Permasalahan sampah di Purwakarta sendiri menurutnya cukup pelik. Data yang dilansir Dinas Kebersihan dan Pertamanan Purwakarta menyebutkan, setiap hari Purwakarta menghasilkan sampah 2.440 meter kubik.

Namun, volume sampah yang bisa diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Cikolotok hanya 500 meter kubik per hari. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,