Harga Bawang Merah Mulai Merangkak Naik

Harga Bawang Merah Mulai Merangkak Naik

Jelang puasa harga bawang merah melejit. (Foto : ADE/CikalNews)

Bandung – Meskipun bulan Ramadan tinggal 2 minggu lagi, namun harga kebutuhan pokok dipasaran sudah merangkak naik, seperti pada komoditi bawang merah yang harganya naik karena pasokan barang sedikit atau langka.

 

Menurut pedagang di Pasar Kosambi, Imas, pasokan bawang merah ke pasar saat ini terbilang sedikit. Jadi stok barang sedikit namun permintaan banyak, ini yang menyebabkan kenaikan harga.

 

“Saat ini bawang merah dijual dari harga Rp. 35.000,-/Kg hingga Rp 37.000,-/Kg, padahal sebelumnya masih di harga Rp. 25.000,-/Kg. Banyaknya petani yang belum panen bawang menjadi pemicu kenaikan harga bawang,” papar Imas di Pasar Kosambi, Jl. Jend. A. Yani, Kota Bandung, Kamis (4/6/2015).

 

Karena bawang merah merupakan salah satu bumbu masak yang harus ada dalam masakan, mau tidak mau meski harganya  mahal pasti saja dibeli.

 

“Kalau untuk pembelian konsumen memang tidak menurunkan omset, paling saja dari jumlah mereka mengurangi karena harganya mahal, dari yang biasa 1 Kg paling saat ini membeli ½ Kg,” akunya.

 

Tak jarang juga para konsumen membeli bawang merah dengan mengecer atau hanya membeli sedikit saja. Mereka mengurangi campuran bawang merah pada bumbu masakan dengan dalih pengiritan jelang bulan Ramadan, dan tahun ajaran baru.(Ode)**

Capt ; Jelang puasa harga bawang merah melejit. (Foto : ADE/CikalNews)

.

Categories:Ekonomi,
Tags:,