Presiden Diminta Resmikan Tol Cikampek-Palimanan 15 Juni

Presiden Diminta Resmikan Tol Cikampek-Palimanan 15 Juni

Jakarta  - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono mengatakan sudah mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo untuk meresmikan tol Cikampek-Palimanan sepanjang 116,7 km pada 15 Juni 2015.

"Tanggal 15 (Juni) ini rencananya diresmikan. Suratnya ke Presiden tanggal itu, tapi hingga sekarang belum mendapat jawaban," kata Basuki di Istana Bogor, Jumat (5/6/2015).

Dia juga mengungkapkan pembangunan fisik tol Cikampek-Palimanan sudah selesai dan hanya tersisa beberapa aksesorisnya, seperti rambu lalu lintas, lampu penerangan, tempat peristirahatan (rest area).

"Sebelum diresmikan tarif tol akan diumumkan. Saat ini masih dihitung berapa nilainya," kata Basuki.

Menteri PU ini mengungkapkan bahwa saat penawaran nilai tarif Rp750 per kilometernya, namun belum dihitung tambahan biaya terkait pembangunan tol tersebut.

"Kan ada additional cost yang menembut bukit batu. Apakah itu nanti ditambahkan dalam tarif atau ditambah masa konsensinya," jelasnya.

Jalan tol tersebut dioperasikan oleh PT Lintas Marga Sejahtera ini diharapkan bisa mengurangi kemacetan hingga 40 persen di jalur Pantura.

Jalan tol sepanjang 116,7 kilometer ini akan ada delapan area peristirahatan, empat area peristirahaatan kelas A yang memiliki tempat pengisian bahan bakar, serta empat lagi area peristirahatan kelas B.(Ode)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,