Cimahi Layak Jadi Kota Wisata Militer

Cimahi Layak Jadi Kota Wisata Militer

Sebuah Pesawat angkut bertengger di pagar Pusat Pendidikan Pembekalan dan Angkutan (PUSDIKBEKANG) TNI AD yang berada di Jl.Gatot Subroto Kota Cimahi.(Foto koleksi pribadi Johanes Krisnomo)

Cimahi - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan Kota Cimahi bisa mengembangkan potensi wisata militer karena sebagian wilayahnya adalah daerah militer.

"Kalau rencana wisata militer ini jadi maka ini akan menjadi yang pertama di Indonesia," kata Deddy Mizwar usai membuka Kejuaraan Menembak Terbuka Piala Pangdam III/Siliwangi Tahun 2015, di Lapangan Tembak Gunung Bohong Kota Cimahi, Jumat (5/6/2015).

Menurut dia, Panglima TNI Jenderal Moeldoko sudah menyetujui usulan mengembangkan wisata militer di Kota Cimahi.

"Sekarang tinggal kesiapan dari Kota Cimahi-nya saja. Jadi mungkin dari kesatuan infanteri atau pasukan khusus," ujar dia.

Ia menjelaskan, jenis wisata militer yang nantinya bisa disuguhkan kepada masyarakat seperti latihan menembak dan keberadaan gedung-gedung militer tua bersejarah.

Pengembangan wisata militer ini, lanjut dia, juga menjadi sarana sosialisasi kepada generasi muda yang berminat menjadi anggota TNI.

"Jadi selain potensi PAD, banyak orang menginap, pembuatan souvenir, kuliner. Saya kira wisata ini bisa menjadi bagian sosialisasi kepada masyarakat bahwa aktivitas TNI itu seperti ini," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika rencana ini disetujui maka Kota Cimahi bisa menunjuk atau membentuk badan khusus untuk mengelola wisata militer.

"Karena kan tidak semua wilayah militer di Cimahi bisa dibuka untuk umum. Maka harus ada badan atau lembaga khusus yang mengelola wisata militer ini," ujar dia.

Sementara itu, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim menambahkan pihaknya mendukung penuh rencana wisata militer di Kota Cimahi.

"Saya akan membuka pintu untuk rencana ini karena tujuannya bisa membangkitkan minat generasi muda untuk menjadi militer. Menjadi militer itu perlu persiapan khusus. Jadi latihan-latihan militer nanti akan dipublikasikan," kata Pangdam. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:cimahi,