Juarai Liga Champions, Barcelona Raih Treble Winner

Juarai Liga Champions, Barcelona Raih Treble Winner

Juarai Liga Champions, Barcelona Raih Treble Winner

Jakarta -  Barcelona sukses meraih gelar juara Liga Champions usai mengalahkan Juventus 3-1 pada laga final yang dihelat di Olympiastadion Berlin, Minggu (7/6/2015) dini hari WIB.  Sukses ini membuat Barca mewujudkan impian menciptakan treble setelah beberapa pekan sebelumnya menjadi juara La Liga dan Cope del Rey.

Kemenangan ini menjadi gelar Liga Champions kelima Barcelona setelah memenangkannya pada musim kompetisi 1991-1992, 2005-2006, 2008-2009 dan 2010-2011.

Gol kemenangan tim asuhan Luis Enrique diciptakan Ivan Rakitic, Luis Suarez, dan Neymar, sedangkan satu gol Juventus disumbangkan Alvaro Morata.

Gol pembuka Barcelona tercipta pada menit empat melalui sontekan kaki kiri Ivan Rakitic yang memaksimalkan umpan Iniesta.

Juventus memiliki peluang pada menit 24 melalui tendangan Alvaro Morata namun bola masih melebar. Satu menit kemudian Marchisio melepaskan tendangan keras dari tengah lapangan namun bola melambung.

Pada menit 38 Luis Suarez gagal memaksimalkan umpan Dani Alves karena sepakannya melebar. 

Pada akhir babak pertama Messi berhasil melewati tiga pemain bertahan Juventus namun ketika hendak mengumpan ke arah Suarez bola sudah keluar lapangan. Skor 1-0 keunggulan sementara Blaugrana bertahan hingga istirahat babak pertama.

Pada menit 55 babak kedua, Juventus mencetak gol penyeimbang melalui tendangan Alvaro Morata usai memaksimalkan bola pantulan Tevez.

Namun Barcelona kembali unggul setelah Suarez yang lolos dari kawalan Patrice Evra menendang bola liar hasil tendangan Messi pada menit 68. 

Pada menit 72 tim Catalan kembali mencetak gol namun tidak disahkan wasit karena tangan Neymar dianggap menyentuh bola sebelum masuk gawang.

Luis Enrique memasukkan Xavi Hernandez untuk menggantikan Andres Iniesta pada menit 78. Ini adalah laga terakhir Xavi untuk Barcelona karena akan pindah ke Al Sadd akhir musim ini.

Pada menit 89 Ter Stegen melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tendangan keras Marchisio. Tiga menit kemudian Tevez yang berhasil menggiring bola hingga kotak penalti gagal menciptakan gol.

Barcelona menyegel kemenangan 3-1 setelah Neymar mencetak gol pada menit 90+6 setelah memanfaatkan serangan balik yang dibangun Pedro. Skor 3-1 menutup laga untuk kemenangan Blaugrana.

Data Statistik UEFA mencatat Barcelona unggul penguasaan bola 61 berbanding 39 persen atas Juventus dengan tujuh sepakan ke gawang sementara Juventus hanya enam tembakan.

Susunan pemain kedua tim dikutip laman resmi UEFA:

Juventus (4-3-1-2): Buffon; Lichtsteiner, Barzagli, Bonucci, Evra (Coman); Pogba, Pirlo, Marchisio; Vidal (Pereyra); Tevez, Morata ( Llorente)

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Dani Alves, Pique, Mascherano, Jordi Alba; Rakitic (Mathieu), Busquets, Iniesta (Xavi); Messi, Suarez (Pedro), Neymar

Gol: Barcelona 3 - 1 Juventus
Ivan Rakitic 4, Luis Suarez 68, Neymar 90+6 --- Alvaro Morata 55. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,