Gelombang II Haji Mulai Dipulangkan

Gelombang II Haji Mulai Dipulangkan

Gelombang II Haji Mulai Dipulangkan

Mekah - Jemaah haji gelombang kedua mulai pulang ke Tanah Air melalui Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Rabu pagi (22/10/2014) waktu setempat, setelah berada di Tanah Suci sekitar 40 hari.

"Hari ini mulai pukul 06.30 sampai 08.00 ada pemulangan tiga kloter (kelompok terbang) diberangkatkan dari Madinah ke Jeddah, alhamdulillah lancar. Kemudian sore ada beberapa kloter lagi," kata Kepala Kantor Urusan Haji Daerah Kerja Madinah, Nasrullah Jasam, kepada Media Center Haji Madinah.

Jemaah haji yang diberangkatkan ke Jeddah hari ini antara lain dari Kloter 36 dan 37 Embarkasi Solo dan Kloter 11 Embarkasi Makassar. Besoknya sejumlah jemaah mulai dipulangkan lewat Bandara Madinah. Jemaah gelombang kedua ada yang dipulangkan melalui bandara di Jeddah dan ada yang melalui bandara di Madinah. Sementara jamaah gelombang pertama yang saat ini berada di Mekah, seluruhnya dipulangkan melalui bandara di Jeddah.

Nasrullah mengatakan, Kamis (23/10/2014) akan lebih banyak lagi jemaah haji gelombang kedua yang pulang ke Tanah Air, baik melalui bandara di Jeddah maupun Madinah. Jarak antara Madinah ke Jeddah sekitar 5-6 sehingga jemaah menggunakan bus jarak jauh yang nyaman. Sementara untuk ke Bandara Madinah, jemaah menggunakan bus standar karena hanya perlu waktu sekitar setengah jam dari penginapan.

Jemaah haji gelombang pertama ditempatkan terlebih dahulu di Madinah baru kemudian ke Makkah, sementara jemaah gelombang kedua langsung ditempatkan di Mekah dan setelah ibadah haji baru diberangkatkan ke Madinah. Jemaah haji berada di Madinah selama sembilan hari antara lain untuk melaksanakan ibadah arbain atau shalat wajib 40 waktu di Masjid Nabawi tanpa putus. Madinah adalah satu dari dua kota suci di Arab Saudi.

Jemaah haji gelombang pertama sendiri sudah pulang ke Tanah Air sejak 9 Oktober, seluruhnya melalui bandara Jeddah. Menurut data Sistem Komputerisasi Terpadu (Siskohat) hingga Rabu 20.45 WIB, jumlah jemaah haji yang sudah kembali ke Tanah Air sebanyak 75.457 jamaah dari 154.467 jemaah yang berangkat. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:haji,