Gubernur Minta Warga Jaga Konsumsi Jelang Ramadan

Gubernur Minta Warga Jaga Konsumsi Jelang Ramadan

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher mengatakan masyarakat harus tetap menjaga pola konsumsi jelang pelaksanaan puasa Bulan Suci Ramadan tahun ini.

"Kepada masyarakat, jangan ada perubahan perilaku konsumsi yang berlebihan di bulan Puasa ini," kata Aher usai melakukan sidak kebutuhan pokok di Pasar Sederhana Bandung, Senin (8/6/2015)

Menurut dia, persediaan pangan untuk menghadapi bulan Ramadan terpantau aman dan harga bahan pokok belum mengalami kenaikan yang signifikan.

Namun demikian, Aher mengatakan jika pola konsumsi masyarakat di bulan Ramadan semakin berlebih, dikhawatirkan akan berpengaruh pada persediaan dan harga bahan pangan.

"Biasanya gejolak ada pada gula merah untuk kolak. Boleh, tapi jangan berlebihan," kata dia.

Dari hasil sidak yang dilakukan oleh Gubernur Jabar tersebut, terpantau stok pangan masih mencukupi hingga lima bulan kedepan.

Harga beras terendah di harga Rp9.000 per kilogram, sedangkan harga beras tertinggi sekitar Rp13.000 per kilogram.

Harga telur ayam masih pada kisaran normal, yaitu Rp21.000 per kilogram.

Kenaikan harga ada pada daging ayam, bawang merah, bawang putih dan minyak goreng curah, namun kenaikan harga tersebut masih dikategorikan normal.

Harga cabai keriting masih di harga Rp24.000 per kilogram, sedangkan cabai merah di harga Rp40.000 rupiah per kilogram.

Aher menegaskan bahwa Jawa Barat tidak perlu import, karena akan ada panen raya cabai menjelang bulan puasa mendatang. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:budaya,