Yance Hadiri Rapat Paripurna Usai Divonis Bebas

Yance Hadiri Rapat Paripurna Usai Divonis Bebas

Mantan Bupati Indramayu Irianto MS Syafiuddin atau Yance bebas dari berbagai tuntutan di Pengadilan Tipikor Bandung, Jawa Barat, Senin (11/5). [ANTARA]

Bandung - Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Irianto MS Syafiuddin atau Yance kembali beraktivitas sebagai anggota legislatif usai vonis bebas dari Pengadilan Tipikor Bandung dengan mengikuti Rapat Paripurna di Gedung DPRD Jawa Barat, Kota Bandung, Senin (8/6/2015).

"Saya kan belum dipecat, jadi paling tidak saya punya rasa tanggung jawab terhadap pekerja saya yang dipilih oleh rakyat, yang kemarin itu sempat agak ditinggalkan," kata Yance, sebelum rapat paripurna dimulai.

Yance dan anggota DPRD Jawa Barat lainnya dijadwalkan menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Jawa Barat dengan agenda penyerahan laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2014 kepada DPRD dan Gubernur Jawa Barat.

Ia mengatakan tidak ada persiapan khusus untuk menghadiri rapat perdana setelah dirinya menghadapi proses hukum di Pengadilan Tipikor Bandung.

"Enggak ada (persiapan khusus)," kata Yance yang mengenakan setelan jas berwarna hitam dan peci hitam.

Pada Senin 1 Juni 2015 lalu, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Bandung, Senin, menjatuhkan vonis bebas terhadap terdakwa Irianto MS Syafiuddin atau Yance terkait perkara dugaan korupsi pembebasan lahan proyek pembangunan PLTU di Sumuradem, Kabupaten Indramayu, Jabar, tahun 2004.

Hakim menilai dakwaan primer terhadap terdakwa yakni pasal 2 ayat 1 jo Pasal 18 UU 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU 20/2001 tentang Perubahan atas UU Nomor 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi pasal 55 ayat 1 ke-1 KHU Pidana, tidak terbukti.

Begitupun dengan dakwaan subsidair untuk terdakwa, yakni Pasal 3 UU 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU 20/2001 tentang Perubahan atas UU No 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, juga tidak terbukti. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,