Jelang Puasa, Dinas Damkar Tingkatkan Kesiapsiagaan

Jelang Puasa, Dinas Damkar Tingkatkan Kesiapsiagaan

Bandung - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Ferdi Ligaswara mengungkapkan, timnya akan meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaannya menjelang masuknya bulan Ramadan. Kewaspadaan tersebut perlu dilakukan, karena pada saat puasa penggunaan listrik lebih tinggi daripada biasanya.
 
"Ya kita tingkatkan kesiapsiagaan damkar ini dalam bulan suci Ramadan yang bersamaan dengan musim kemarau," ujarnya saat dihubungi melalui telepon selulernya. Senin (8/6/2015).
 
Ferdi mengungkapkan, menjelang bulan puasa pemakaian listrik akan lebih tinggi dari biasanya. Apalagi pada saat tidur dan bangun sahur biasanya tidak dimatikan karena pada umumnya bergadang. Selain itu, ibu rumah tangga yang memasak diharapkan tidak lalai karena mengantuk dan meninggalkan kompor pada saat menyala.
 
"Penggunaan listrik tidak terlalu berlebihan, dan hindari perilaku seperti membuang puntung rokok, lilin, obat nyamuk jangan di area yang mudah terbakar .Paling penting, instalasi listrik sebagai suatu kebutuhan tetapi harus memenuhi kualitas standar, baik dari bahannya maupun penempatannya harus SNI," jelas Ferdi. 
 
Masalah cuaca yang memang sedang kemarau bisa mempermudah terjadinya kebakaran. Hal itu perlu ditekankan lantaran ada molekul dan terjadi pemuaian. Menurut Ferdi sesuai dengan potensi tantangan, dirinya sudah menginstruksikan untuk lebih meningkatkan kewaspadaan menjelang Ramadan atau pada saat Ramadan dan memasuki musim kemarau. 
 
"Kami mengimbau juga jangan meninggalkan kompor dalam keadaan menyala, dan kalau keluar rumah yang tidak perlu matikan, atau cabut koneksi listriknya," tegasnya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,