Kunci Pemprov Raih Opini WTP karena Konsistens

Kunci Pemprov Raih Opini WTP karena Konsistens

Bandung - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher mengatakan salah satu kunci Pemprov Jawa Barat bisa meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2014 dari BPK RI adalah konsistensi.

"Alhamdulillah sudah empat kali berturut-turut kemudian kita akan terus kerja keras. Kuncinya ialah konsisten terus menerus, kita memperbaiki keuangan yang ada catatan-catatan dari BPK RI," kata Aher di Bandung, Senin (8/6/2015).

Menurut dia, kunci sukses lainnya bisa mempertahankan raihan opini WTP dari BPK ialah pihaknya melakukan konsistensi dalam menindaklanjuti catatan dari BPK.

"Kemudian kita tindak lanjuti dalam waktu 60 hari, kita terus koordinasi laporan ke BPK RI untuk memperbaiki catatan-catatan tersebut," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan raihan tersebut pihaknya akan semakin sering berkeliling memantau semua OPD di Pemprov Jabar agar tahu kelemahan-kelemahan yang menjadi bahan catatan dari BPK.

"Saya akan langsung memantau. Karena besok atau tahun sekarang itu sudah berbasis akrual. Tentu lebih sulit dibandingkan dengan tahun sekarang. Yang dipotret bukan laporan keuangan, tetapi dampak dari pembangunan keuangan tersebut," ujar Aher.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang keempat kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2014.

Penyerahaan opini WTP dari BPK RI kepada Pemprov Jawa Barat tersebut, dilangsungkan dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Senin.

"Terhadap laporan keuangan Pemprov Jabar Tahun Anggaran 2013, BPK memberikan opini WTP. Sementara opini BPK atas hasil pemeriksaan laporan keuangan Pemerintah Provinsi Jabar Tahun Anggaran 2014, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP," kata anggota BPK RI Moermahadi Soerja Djanegara.

Meskipun meraih opini WTP dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2014, kata dia, masih ada sejumlah catatan yang harus diperhatikan oleh Pemprov Jawa Barat.

"Kami sangat menghargai upaya-upaya yang dilakukan Gubernur Jabar dan jajarannya yang berhasil meraih opini WTP untuk yang keempat kalinya. Namun, BPK meminta untuk tahun mendatang dpt lebih meningkatkan kualitas dan akuntabilitas pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangannya dengan memberikan perhatian dan mengambil langkah-langkah tentang beberapa hal," kata dia. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,