Timnas Pertahankan Trend Positif Lawan Filipina

Timnas Pertahankan Trend Positif Lawan Filipina

Singapura - Timnas Indonesia U-23 akan mempertahankan trend positif pada pertandingan penyisihan sepak bola SEA Games 2015 grup A melawan Filipina di Stadion Jalan Besar Singapura, Selasa (9/8/2015).

"Kemenangan atas Kamboja meningkatkan semangat bertanding pemain dan sangat siap untuk pertandingan melawan Filipina. Kami tak boleh kehilangan kesempatan meski harus ditentukan pada pertandingan terakhir," kata Assisten Pelatih Timnas Indonesia Mochamad Zein Al Hadad di Singapura, Senin (8/6/2015).

Ia menyebutkan, Timnas PSSI yang unggul selisih gol dari tuan rumah Singapura akan lebih waspada menghadapi Filipina, yang mana pertandingan itu menjadi salah satu tiket menentukan bagi Timnas untuk tetap memiliki kesempatan melaju ke babak semifinal.

Timnas Indonesia telah menemukan kembali ritme dan permainan terbaiknya. Menurut Al Hadad, bukan karena keunggulan telak 6-1 pada pertandingan itu, namun Evan Dimas dkk telah menampilkan kembali skema dan permanan yang sesungguhnya.

Terlepas dari hasil pertandingan Singapura melawan Kamboja, menurut Al Hadad, para pemain Timnas Indonesia diminta untuk fokus pada pertandingan dan memastikan skema permainan bisa berjalan dengan baik.

Saat ini Timnas Indonesia bertengger di peringkat kedua dengan nilai tiga hasil sekali menang sekali kalah. Timnas memiliki selisih gol cukup besar yakni delapan memasukan gol dan lima kemasukan gol.

Sedangkan Filipina yang saat ini berada di dasar klasemen sementara grup A, hasil dua kali kekalahan tim itu dari Kamboja, Singapura dan Myanmar. Diatas kertas selisih gol minus tujuh dari tim itu menunjukkan lemahnya lini pertahanan yang bisa ditembus oleh Muchlis Hadi Ning Syaifulah dkk.

Timnas Indonesia kemungkinan besar tidak akan melakukan perubahan formasi pemain. Rotasi pemain yang dilakukan melawan Kamboja menjadi evaluasi bagi timnas untuk pertandingan itu.

Lini tengah kemungkinan masih akan ditempati oleh Paulo Sitanggang, Zulfiandi yang telah cukup lama bersama-sama di timnas.

Striker Muchlis Hadi Ning Syaifullah kemungkinan besar tetap menjadi kekuatan di lini depan. Hattrik yang dilakukanya saat bertanding melawan Filipina memberikan motivasi bagi pemain bernomor punggung sembilan itu pada laga berikutnya.

Sementara itu optimistis pada pemain Timnas diungkapkan oleh Muchlis Hadi Ning Syaifullah. Hatrik yang dilakukanya membuat dirinya semakin percaya diri.

"Kami sudah berupaya bermain maksimal dalam setiap pertandingan. Harapanya kekompakan saat bertanding lawan Kamboja bisa dipertahankan," kata Muchlis.

Menurut dia kemenangan lawan Kamboja merupakan sukses tim, terlepas dari enam gol yang dilesakan ke gawang Kamboja, ia mengaku skema permainan telah mulai mengalir dan meningkat. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,