Dewan Minta Pemprov Mampu Kendalikan Harga

Dewan Minta Pemprov Mampu Kendalikan Harga

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - DPRD Jawa Barat meminta agar pemerintah provinsi (pemprov) bisa mengendalikan dan meningkatkan pengawasan terhadap harga kebutuhan pokok di pasar menjelang pelaksanaan bulan suci Ramadan tahun ini.

"Pemprov Jabar melalui Disperindag harus lebih meningkatkan pengawasan dan akan lebih baik jika pemprov melakukan intervensi terhadap harga sejumlah bahan pangan," kata Ketua Komisi II DPRD Jawa Barat Ridho Budiman Utama, di Bandung, Senin (8/6/2015).

Menurut dia, adanya pengawasan dan intervensi dari Pemprov Jabar tersebut diyakni bisa menjaga inflasi dan menjamin kebutuhan warga akan sejumlah pangan.

"Seharusnya bisa dikendalikan, terutama ketika kita menginginkan masyarakat bisa tetap mengonsumsi protein hewani seperti daging ayam dan sapi," kata Ridho.

Ia mengapreasiasi langkah Gubernur Jawa Barat yang melakukan sidak ke pasar tradisional di Kota Bandung karena hal tersebut dinilai sebagai salah satu bentuk pengawasan eksekutif.

"Pengawasan dan intervensi pemerintah ini sangat penting mengingat selalu adanya oknum yang menaikkan harga tidak wajar. Pengendalian itu penting. Mudah-mudahan pemerintah bisa mengendalikan harga," kata Ridho.

Selain itu, lanjut dia, harus ada regulasi jelas yang memuat aturan beserta sanksinya jika ada pihak yang melakukan penimpunan barang pokok menjelang bulan puasa ini.

"Kemudian untuk menekan kenaikkan harga, pemerintah harus mengumumkan harga wajar dari setiap komoditas pangan secara berkala. Hal ini telah dilakukan sejumlah negara lain," kata dia.

Dikatakannya, pengumuman harga ini bisa dilakukan melalui berbagai cara, terlebih saat ini perkembangan media sosial semakin pesat.

"Setahu saya dulu pernah, di RRI. Harusnya sekarang juga, jadi ada informasi pasar secara berkelanjutan," ujarnya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,