Harga Daging Ayam di Cimahi Tembus Rp 32.000/Kg

Harga Daging Ayam di Cimahi Tembus Rp 32.000/Kg

Cimahi - Harga daging ayam broiler di pasar tradisional, Kota Cimahi, terus mengalami kenaikan menjadi Rp 32 ribu per kilo gram (kg) menjelang bulan Ramadhan.

"Kenaikannya terus terjadi setiap hari sekarang sudah menembus Rp 32 ribu per kilonya," kata Ayi pedagang daging ayam di pasar tradisional Atas, Kota Cimahi, Senin (8/6/2015).

Ia menuturkan, harga daging ayam sebelumnya di kisaran Rp27 ribu per kg dengan permintaan pasar setiap harinya rata-rata 2 ton.

Menurut dia, kenaikan harga daging ayam itu disebabkan meningkatnya permintaan pasar, sementara pasokan ayam yang tersedia tidak mampu mencukupi.

"Ada peningkatan pembelian, masyarakat tetap membeli daging meskipun harganya Rp32 ribu, sementara peningkatan itu tidak dibarengi dengan pasokan yang tersedia," katanya.

Penyebab lain kenaikan harga daging ayam itu, kata dia, masalah jarak tempuh yang jauh serta adanya ayam yang mati di perjalanan sehingga penjual daging harus menanggung resiko tersebut.

Biasanya, kata dia, daging dipasok dari Pasar Induk Caringin dan Ciroyom, namun stoknya tidak mampu memenuhi permintaan pasar sehingga pedagang di Cimahi harus mendatangkan ayam dari luar daerah seperti Ciamis dan Tasikmalaya.

"Jauhnya jarak pengambilan berpengaruh pada penjualan daging ayam, kemudian kalau ada ayam mati resikonya ditanggung pedagang," katanya.

Ia menambahkan, biasanya kebutuhan pasar terhadap daging ayam mencapai 2 ton setiap harinya, sementara yang mampu disediakan hanya 1 ton.

Akibat terbatasnya pasokan tersebut, Ayi mengalami kerugian karena tidak mampu meraup keuntungan dengan memenuhi permintaan pelanggannya.

"Penjualan meningkat tapi pasokannya dikurangi, kalau sekarang paling dikasih 1 ton per harinya, padahal sebelumnya bisa mencapai 2 ton," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:,