Novum PK Dada Rosada Tak Bisa Diterima Hakim

Novum PK Dada Rosada Tak Bisa Diterima Hakim

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Sidang pemeriksaan Peninjauan Kembali (PK) mantan Walikota Bandung Dada Rosada yang dijadwalkan, Selasa (9/6/2015) ini, diundur menjadi Selasa (16/6/2015) pekan depan.

Sidang  PK yang rencananya berlangsung di ruang sidang 2 Yudistira Pengadilan Negeri ( PN) Kls 1A  Bandung Jalan LRE Martadinata itu akhirnya diundur, karena belum adanya Novum atau bukti baru yang asli untuk bisa mengajukan Peninjauan Kembali.

Seharusnya, sidang PK mantan orang nomor satu di Kota Bandung ini menghadirkan 3 orang saksi, untuk dimintai keterangan. Namun ternyata hanya 2 saksi yang bisa menghadiri sidang yaitu Sukarno dan Fajar Kurniawan, sedangkan  saksi BPKP Koswara berhalangan karena sakit.

"Bukti Novum itu harus sah dulu secara yuridis kemudian sah dengan bermaterai. Baru bisa dipakai di persidangan dan setelah itu ditunjukkan di persidangan," kata Ali Fikri perwakilan dari KPK.

Sidang yang dipimpin Hakim Ketua Jonlar Sitohang ini belum bisa menerima  Novum, hasil fotocopy yang diajukan oleh terdakwa. Sebab novum aslinya belum jelas, dan novum aslinya juga belum bisa ditunjukan di depan persidangan PK tersebut. Novum asli seharusnya dibuktikan saksi saat persidangan tadi, tetapi  saksi yang memegang novum tidak hadir dalam persidangan tersebut maka sidang ditunda.(Jr.)**

.

Categories:Bandung,